Home > Ragam Berita > Nasional > Pemerintah Belum Bereaksi Terkait Aksi Pembakaran Kampung Gafatar Oleh Warga

Pemerintah Belum Bereaksi Terkait Aksi Pembakaran Kampung Gafatar Oleh Warga

Mempawah – Usai kejadian pembakaran pemukiman pengikut Gafatar dilakukan oleh warga, maka pemerintah pun didesak untuk dapat melindungi para anggota Gafatar itu dari rasa ketakutan dan kecemasan akibat amukan massa yang terjadi di Kalimantan Barat itu.

Pemerintah Belum Bereaksi Terkait Aksi Pembakaran Kampung Gafatar Oleh Warga

Seperti yang dipantau tim harianindo, Rabu (20/1/2016), Wakil Ketua Setara Institue, Bonar TIgor Naipospos, mengatakan bahwa para pengikut dairi Gafatar ini juga merupakan warga negara yang memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan dan rasa aman. Bonar menambahkan abhwa selain itu, pemerintah sama sekali belum pernah untuk meminta klarifikasi kepada para pengurus organisasi Gafatar.

Bonar Tigor Naipospos menuturkan bahw apenyesatan oleh lembaga keagamaan tertentu yang diafirmasi oleh negara akan dapat memicu kekerasan massa. Oleh karena itu, Bonar menambahkan bahwa jika hal seperti itu tidak diantisipasi maka akan terjadi pengusiran, penganiayaan, serta dikskriminasi kepada para kelompok Gafatar akan terjadi secara berkesinambungan.

Bonar juga mengungkapkan bahwa penuduhan aliran sesat tanpa adanya proses pemeriksaan yang adil dan akuntabel yang dilakukan oleh MUI dan diafirmasi oleh aparat telah membuat kemarahan publik pada kelompok Gafatr. Oleh karena itu, dirinya berharap agar polisi pun lebih bisa melindungi para pengikut Gafatar sebagai warga negara. (Rini Masriyah – Harianindo.com)

x

Check Also

JK Menilai Pidato "Pribumi" Anies Tak Diskriminatif

JK Menilai Pidato “Pribumi” Anies Tak Diskriminatif

Jakarta – Jika Presiden Jokowi enggan menanggapi perihal pidato Anies, berbeda dengan Wakil Presiden Jusuf ...