Home > Ragam Berita > Internasional > Dianggap Merusak Kaidah Islam, Catur Dilarang oleh Ulama Arab Saudi

Dianggap Merusak Kaidah Islam, Catur Dilarang oleh Ulama Arab Saudi

Riyadh – Beberapa waktu yang lalu sebuah video muncul dari salah seorang ulama Arab Saudi yang mana memberitahukan bahwa catur merupakan permainan tang “terlarang” dalam islam. Pernyataan itupun sontak menimbulkan perdebatan sengit diantara para netizen dan menimbulkan pro dan kontra di kalangan umat muslim.

Dianggap Merusak Kaidah Islam, Catur Dilarang oleh Ulama Arab Saudi

Seperti pantauan tim harianindo pada situs youtube, Jumat (22/1/2016), video itu senidir beredar pada akhir tahun 2015 yang lalu. Atas video yan melarang permainan catur itu pun beberapa netizen langsung menyindir Syekh Abedlaziz Al Sheikh dan mengatakan kalau catur merupakan salah satu permainan cerdas. Namun, ada juga para netizen yag membela video itu denga dalih catur menimbulkan kecanduan serta dapat membuat seseorang lupa waktu dari doa dan mengingat Allah SWT.

Pada video itu terungkap bahwa Al Sheikh mengatakan bahwa dirinya mengacu pada ayat dalam Al Qur’an terkait dengan pelarangan perjudian, minuman keras, dan penyembahan berhala. Al Sheikh menambahkan bahwa waktu dan uang akan terbuang serta menyababkan persaingan dan permusushan karena akan membuat kaya orang miskin dan memiskinkan orang kaya.

Berdasarkan pengamatan, catur sendiri sudah ada di masyarakat muslim sejak abad ke tujuh di Persia dan mereka juga yang mengenalkannya ke Eropa. Selama bermain catur itu tidak disertai dengan perjudian, dan hanya untuk hobi ataupun sekedar gengsi, asal tidak lupa untuk sholat dan beribadah, catur bukanlah sesuatu hal yang harus ditinggalkan atas dalih agama. (Rini Masriyah – Harianindo.com)

x

Check Also

Wow, Harga Busana Melania Trump Ini Seharga Rp 685 Juta

Wow, Harga Busana Melania Trump Ini Seharga Rp 685 Juta

Jakarta – Sejak menjadi Ibu Negara Amerika Serikat, kegiatan hingga penampilan dari Melania Trump selalu ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis