Home > Ragam Berita > Nasional > Gawat, di Jawa Barat Ditengarai Ada 114 Kelompok Beraliran Sesat

Gawat, di Jawa Barat Ditengarai Ada 114 Kelompok Beraliran Sesat

Bandung – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat telah memiliki data yang mengatakan bahwa sekitar 144 aliran kepercayan yang berlaku di wilayah Jawa Barat bisa dikategorikan sesat. Salah satunya adalah Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang memang telah meresahkan masyarakat di sejumlah daerah di Indonesia.
Gawat, di Jawa Barat Ditengarai Ada 114 Kelompok Beraliran Sesat
“Kami pernah menghitung, di Jawa Barat ini ada 144 aliran atau kelompok (Sesat),” terang Sekretaris Umum MUI Jawa Barat, Rafani Achyar, Sabtu (23/1/2016).

Rafani menambahkan bahwa mayoritas aliran sesat tersebut tidak beraktivitas dalam bentuk organisasi atau kelompok layaknya Gafatar. Pemeluknya pun hanya orang-orang terdekat dari penyebar atau pemuka kepercayaan itu.

Hanya sedikit saja aliran kepercayaan sesat yang membentuk sebuah kelompok atau organisasi terstruktur.

“Sekarang yang masih aktif paling hanya belasan. Sudah tidak sebanyak dulu,” lanjut Rafani.

Di Jawa Barat sendiri, kemunculan aliran sesat ini sudah seperti tren kekinian. Bila muncul satu, maka akan tumbuh lagi aliran serupa di tempat lain.

“Misalnya ketika muncul ada nabi palsu, ketika baru diselesaikan satu, muncul lagi di tempat lain,” sambungnya lagi.

Rafani pun menilai bahwa fenomena pertumbuhan aliran sesat di Jawa Barat ini perlu dipelajari lebih lanjut. Sebab, tidak ada daerah lain yang memiliki perkembangan aliran kepercayaan baru sebanyak Jawa Barat.

“Ini yang menarik untuk diteliti, kenapa kok di Jawa Barat ini begitu marak. Di provinsi lain tidak?” pungkasnya. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Beredar Foto Dugaan Pertemuan Anies Dengan Bos Mayapada

Beredar Foto Dugaan Pertemuan Anies Dengan Bos Mayapada

Jakarta – Belum reda perihal permasalahan pidato Anies Baswedan, kini heboh di media sosial mengenai ...