Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Jamur di Miss V? Berikut Cara Mudah Mengatasinya

Jamur di Miss V? Berikut Cara Mudah Mengatasinya

Jakarta – Jamur di area Miss V merupakan salah satu jenis infeksi yang paliung sering dialami oleh wanita. Infeksi ini disebabkan oleh jamur jenis Albicans.

Jamur di Miss V? Berikut Cara Mudah Mengatasinya

Penyebabnya adalah ketika terjadi ketidakseimbangan antara ragi dan bakteri yang ada di Miss V. Sementara itu sistem kekebalan tubuh yang berkurang, tingkat estrogen yang tinggi, merokok, dan terlalu sering menggunakan celana ketat juga bisa memicunya.

Berikut adalah lima cara alami dan mudah untuk mengatasi serangan jamur Albicans seperti dilansir dari waspada.co.id (Sabtu, 23/1/2016):

1.Yogurt tanpa rasa

Tak hanya baik untuk pencernaan kamu, yogurt alami (tanpa rasa) adalah salah satu cara alami untuk membasmi infeksi jamur. Karena infeksi jamur disebabkan oleh ketidakseimbangan antara ragi dan bakteri, maka yogurt dalam hal ini berperan untuk membantu menyeimbangkannya kembali.

Caranya, oleskan yogurt tanpa rasa pada area yang terinfeksi dan biarkan setidaknya selama dua jam. Setelah itu bilas hingga bersih. Cara ini membantu kamu mengurangi rasa gatal karena infeksi.

2.Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat anti jamur pada tubuh termasuk pada Miss V. Mengonsumsi bawang putih mentah dapat membantu mempercepat kesembuhan infeksi jamur Miss V yang kamu alami.

Tak hanya untuk dikonsumsi, bawang putih dapat kamu gunakan sebagai salep untuk meringankan rasa gatal, terutama pada area labia (bibir Miss V).

Caranya, haluskan bawang putih hingga menyerupai pasta dan oleskan pada area yang terinfeksi (hanya pada area labia). Ramuan ini cukup efektif untuk mengatasi rasa gatal yang tak tertahankan.

3.Cuka

Membersihkan Miss V dengan sabun adalah hal yang tak disarankan. Cara ini dapat menyakiti Miss V kamu. Jika kamu ingin membersihkan Miss V, pilihlah cuka untuk menggantikan sabun.

Membersihkan Miss V dengan menggunakan air cuka juga membantu mengurangi rasa gatal yang muncul karena infeksi.

Metode lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan mencampurkan cuka apel atau cuka putih biasa dengan air. Basuhkan pada area yang terinfeksi dan biarkan setidaknya selama satu jam. Setelah itu bilas dengan air dengan air biasa hingga bersih.

4.Minyak kelapa dan air hangat

Minyak kelapa memiliki efek yang serupa dengan bawang putih, yaitu sebagai anti jamur. Untuk mengatasi infeksi, kamu bisa mengoleskannya tiga kali sehari pada area infeksi.

Jika gatal yang disebabkan oleh infeksi sudah tak tertahankan, sebaiknya kamu gunakan air hangat untuk mengatasinya. Jangan sekalipun mencoba untuk menggaruknya, karena ini hanya akan memperburuk gejala infeksi.

Daripada menggaruknya, sebaiknya kamu berendam (terutama bagian Miss V) dengan air hangat. Cara ini cukup ampuh mengatasi ketidaknyamanan yang kamu rasakan akibat infeksi.

5.Tea tree oil dan celana dalam kering

Ragi akan tumbuh subur pada area yang lembap dan hangat. Oleh karena itu, pastikan celana dalam yang kamu gunakan kering dan memudahkan Miss V kamu bernapas, seperti celana dalam dari katun.

Jika memungkinkan, pastikan untuk menjemur mereka di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering sebelum kamu menggunakannya.

Tea tree oil, merupakan salah satu bahan yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi infeksi. Caranya, campurkan tea tree oil dalam air dan gunakan dua kali sehari. Tea tree oil cukup efektif untuk membasmi jamur yang menjadi penyebab infeksi. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Sebelum Memulai Aktivitas, Lakukan 6 Peregangan Ini

Sebelum Memulai Aktivitas, Lakukan 6 Peregangan Ini

Jakarta – Peregangan tidak hanya dilakukan sesaat sebelum olahraga, tetapi sebaiknya juga dilakukan pada pagi ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis