Home > Ragam Berita > Nasional > Diperlakukan Bak Teroris, Eks Anggota Gafatar Mengalami Trauma

Diperlakukan Bak Teroris, Eks Anggota Gafatar Mengalami Trauma

Jakarta – Ratusan mantan pengikut kelompok “Gerakan Fajar Nusantara” (Gafatar) sejak Sabtu (23/1/2016) lalu telah ditampung di Rumah Perlindungan Trauma Center (RPTC) Kementerian Sosial, Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur. Eks pengikut kepercayaan yang dianggap sesat itu mengaku merasa trauma dan stres akibat perlakuan masyarakat umum yang memandang mereka layaknya seorang teroris.

Diperlakukan Bak Teroris, Eks Anggota Gafatar Mengalami Trauma

Ratusan pengungsi eks Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) tiba di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Sabtu (23/1/2016).
(sumber: Kompas.com)

Cibiran dari masyarakat inilah yang kemudian membuat mereka takut untuk bertemu orang asing, ataupun kembali ke tengah kehidupan sosial msyarakat.

“Mereka itu enggak mau ditemui, ketakutan begitu. Bahkan saya saja enggak diperbolehkan ke sana,” tutur Kepala Kepolisian Sektor Cipayung, Komisaris Ana Rohana, sebagaimana dikutip dari Warta Kota, Minggu (24/1/2016).

Menurut perwira wanita ini, keluhan utama dari mantan anggota Gafatar tersebut adalah perlakuan masyarakat umum yang seakan “membuang” mereka. Padahal, sejatinya mereka ini adalah korban dari bujuk rayu sebuah ajaran yang sesat.

“Mereka trauma, merasa tertekan. Kata mereka (eks Gafatar), ‘kami kan bukan teroris, Bu’,” ucap Ana.

Ana pun mengungkapkan bahwa petugas kepolisian diminta untuk tidak berhubungan dengan para mantan anggota Gafatar tersebut. Sebab, mereka masih dalam keadaan trauma dan masih membutuhkan bimbingan dari Tim Konseling Kementerian Sosial.

“Memang, yang di dalam cuma orang-orang dari Kementerian Sosial saja. Kami dari kepolisian cuma bisa di sini, membantu mengamankan,” tambah Komisaris Ana. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Rapat Antisipasi Banjir, Anies : Verifikasi Laporan Hanya 10 Persen

Rapat Antisipasi Banjir, Anies : Verifikasi Laporan Hanya 10 Persen

Jakarta – Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno atau Anies-Sandi ...