Home > Teknologi > Internet > Miris, Belasan Ribu Sarjana Berebut Pekerjaan Menjadi Tukang Sapu

Miris, Belasan Ribu Sarjana Berebut Pekerjaan Menjadi Tukang Sapu

Amroha – Sebuah fenomena yang cukup memprihatinkan terjadi di India. Lebih dari 19 ribu lulusan universitas atau perguruan tinggi di Kota Amroha, Negara Bagian Uttar Pradesh, India, dilaporkan telah melayangkan lamaran kerja menjadi tukang sapu jalanan.
Miris, Belasan Ribu Sarjana Berebut Pekerjaan Menjadi Tukang Sapu
Hal tersebut cukup aneh, mengingat gaji yang dipeorleh tukang sapu jalanan tersebut sangatlah rendah untuk ukuran India, yakni hanya skeitar 17 ribu rupee per bulannya.

Seperti dilansir dari Tribunnews yang menukil dari indian.express.com, Senin (25/1/2016), dilaporkan bahwa belasan ribu lulusan perguruan tinggi itu bahkan harus bersaing untuk mendapatkan pekerjana tersebut. Pasalnya, pihak Pemerintah Kota Amroha hanya membuka 114 lowongan untuk tukang sapu.

“Situasi ini menunjukkan tingkat pengangguran yang tinggi di India sehingga mereka sanggup menjadi tukang sapu sampah,” ujar Pegawai Kotamadya Amhroha, Faiz Alam.

Faiz sendiri mengaku telah memeriksa dokumen dari sekitar 6.000 pelamar. Dari sini, faiz pun tertegun, mengapa para lulusan universitas yang banyak berasal dari jurusan sains, ekonomi, sampai kesenian itu mau menjadi tukang sapu jalanan.

Adapun tugas Faiz ini terbilang cukup berat. Pasalnya, masih ada banyak sekali pelamar yang menanti gilirannya untuk diperiksa.

“Masih banyak pelamar yang menunggu panggilan untuk sesi wawancara,” lanjut Faiz. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Bigo Live Rilis Fitur Terbaru Short Video

Bigo Live Rilis Fitur Terbaru Short Video

JAKARTA – Baru-baru ini, aplikasi sosial media berbasis video streaming, Bigo Live, meluncurkan fitur terbarunya ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis