Home > Ragam Berita > Nasional > Survey, Popularitas Ahok Masih Ungguli Ridwan Kamil

Survey, Popularitas Ahok Masih Ungguli Ridwan Kamil

Jakarta – Meski pergelaran Pilada 2017 masih cukup lama, beberapa nama sudah mulai bermunculan untuk menantang Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Sejumlah badan survei pun mulai bergerak untuk memulai studinya.
Survey, Popularitas Ahok Masih Ungguli Ridwan Kamil
Badan survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) mencatat bahwa elektabilitas Ahok masih cukup tinggi bila dibandingkan dengan Wali Kota Bandung, Ridwan kamil.

“Untuk elektabilitas calon gubernur DKI, 45 persen akan memilih Ahok disusul Ridwan Kamil dan Risma. Ada Adhyaksa Dault juga,” terang Arya Fernandes, salah satu peneliti dari CSIS, Senin (25/1/2016).

Dalam studi tersebut, Ridwan Kamil menempati posisi kedua dengan perolehan dukungan sebesar 15,75 persen, yang diikuti oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, di posisi ketiga dengan raihan 7,75 persen.

Nama tokoh lainnya, Adhyaksa Dault, juga muncul dalam survei tersebut dan menempati posisi keempat dengan elektabilitas 4,25 persen.

Arya Fernandes menyebutkan bahwa nilai ini belum bisa merepresentasikan bagaimana kondisi iklim politik yang sebenarnya karena memang belum ada calon yang secara resmi mendeklarasikan diri sebagai penantang Ahok.

Nama-nama yang muncul sebagai calon pun terus bertambah, seperti misalnya Abraham “Lulung” Lunggana dengan elektabilitas 2,25 persen, lalu Djarot Saiful Hidayat dan Fauzi Bowo yang meraih 1 persen.

Adapun survei ini melibatkan 400 orang sample warga DKI Jakarta yang telah memiliki hak pilih, dan dilaksanakan pada 5-10 Januari 2016 lalu. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Gerindra Keluar dari Pansus Angket, Wakil Ketua DPR Layangkan Sindiran

Gerindra Keluar dari Pansus Angket, Wakil Ketua DPR Layangkan Sindiran

Jakarta – Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, menyindir langkah Gerindra yang keluar dari keanggotaan Pansus ...