Home > Ragam Berita > Internasional > Israel Tuding Turki Berada di Balik Aksi Teror ISIS

Israel Tuding Turki Berada di Balik Aksi Teror ISIS

Athena – Menteri Pertahanan Israel, Moshe Yaalon, mengeluarkan sebuah pernyataan yang kontroversial ketika berbicara tentang ISIS di Athena, Yunani, pada Selasa (26/1/2016) lalu. Ia mengatakan bahwa Turki telah mendukung perkembangan ISIS dengan cara membeli minyak mentah yang dijual secara ilegal oleh kelompok radikal tersebut.

Israel Tuding Turki Berada di Balik Aksi Teror ISIS

Menteri Pertahanan Israel, Moshe Yaalon.
(sumber: AP)

Dengan membeli minyak ISIS, yang tentu harganya lebih murah dari minyak legal, Turki secara langsung telah berperan menjadi sumber dana bagi ISIS untuk terus melancarkan aksi terornya di Suriah, Irak, maupun di berbagai belahan dunia.

“Seperti diketahui, ISIS menikmati uang Turki dari penjualan minyak dalam jangka sangat panjang. Saya berharap hal ini akan diakhiri,” ujar Yaalon, sebagaimana dikutip dari BBC Indonesia, Rabu (27/1/2016).

“Tergantung pada Turki, Pemerintah Turki, kepemimpinan Turki, untuk memutuskan apakah mereka ingin menjadi bagian dari kerja sama memerangi terorisme. Kenyataannya tidak begitu sejauh ini,” lanjut Yaalon.

Sejumlah pengamat politik menilai bahwa tuduhan Israel terhadap Turki ini bisa menghambat usaha perbaikan hubungan di antara keduanya yang memang telah memburuk selama bertahun-tahun.

Israel Tuding Turki Berada di Balik Aksi Teror ISIS

Ilustrasi kilang minyak di Irak dan Suriah.
(sumber: Google)

Adapun laporan yang dikeluarkan oleh lembaga IHS Inc menyebutkan bahwa ISIS bisa meraup penghasilan senilai USD 80 juta setiap bulannya. Sekitar 43 persen dari penghasilan itu didapatnya dari penjualan minyak di pasar gelap. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Alasan Pemerintah Kota Nazaret Batalkan Perayaan Natal

Inilah Alasan Pemerintah Kota Nazaret Batalkan Perayaan Natal

Nazaret – Pemerintah kota Nazaret memutuskan untuk tidak merayakan Natal pada tahun ini menyusul kisruh ...