Home > Ragam Berita > Internasional > Israel Tuding Turki Berada di Balik Aksi Teror ISIS

Israel Tuding Turki Berada di Balik Aksi Teror ISIS

Athena – Menteri Pertahanan Israel, Moshe Yaalon, mengeluarkan sebuah pernyataan yang kontroversial ketika berbicara tentang ISIS di Athena, Yunani, pada Selasa (26/1/2016) lalu. Ia mengatakan bahwa Turki telah mendukung perkembangan ISIS dengan cara membeli minyak mentah yang dijual secara ilegal oleh kelompok radikal tersebut.

Israel Tuding Turki Berada di Balik Aksi Teror ISIS

Menteri Pertahanan Israel, Moshe Yaalon.
(sumber: AP)

Dengan membeli minyak ISIS, yang tentu harganya lebih murah dari minyak legal, Turki secara langsung telah berperan menjadi sumber dana bagi ISIS untuk terus melancarkan aksi terornya di Suriah, Irak, maupun di berbagai belahan dunia.

“Seperti diketahui, ISIS menikmati uang Turki dari penjualan minyak dalam jangka sangat panjang. Saya berharap hal ini akan diakhiri,” ujar Yaalon, sebagaimana dikutip dari BBC Indonesia, Rabu (27/1/2016).

“Tergantung pada Turki, Pemerintah Turki, kepemimpinan Turki, untuk memutuskan apakah mereka ingin menjadi bagian dari kerja sama memerangi terorisme. Kenyataannya tidak begitu sejauh ini,” lanjut Yaalon.

Sejumlah pengamat politik menilai bahwa tuduhan Israel terhadap Turki ini bisa menghambat usaha perbaikan hubungan di antara keduanya yang memang telah memburuk selama bertahun-tahun.

Israel Tuding Turki Berada di Balik Aksi Teror ISIS

Ilustrasi kilang minyak di Irak dan Suriah.
(sumber: Google)

Adapun laporan yang dikeluarkan oleh lembaga IHS Inc menyebutkan bahwa ISIS bisa meraup penghasilan senilai USD 80 juta setiap bulannya. Sekitar 43 persen dari penghasilan itu didapatnya dari penjualan minyak di pasar gelap. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Wanita Berhijab di London Diludahi Oleh Orang Tak Dikenal Saat Menikmati Makanan

Wanita Berhijab di London Diludahi Oleh Orang Tak Dikenal Saat Menikmati Makanan

London – Seorang wanita berhijab yang diketahui sebagai seorang penganut agama Islam mendapatkan kejahatan rasial ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis