Home > Ragam Berita > Ekonomi > Petani Keluhkan Harga Getah Karet Yang Semakin Anjlok

Petani Keluhkan Harga Getah Karet Yang Semakin Anjlok

Jakarta – Harga getah karet dalam dua tahun terakhir ini terus anjlok dan membuat petani karet di Indonesia makin tersiksa. Efek paling parah memang dirasakan oleh para petani karet, karena harga getah karet terus merosot hingga kini menyentuh kisaran Rp. 4-5 ribu per kilogram. Coba bandingkan dengan harga dua tahun lalu dimana getah karet masih di kisaran Rp. 15 ribu per kilogram.

Petani Keluhkan Harga Getah Karet Yang Semakin Anjlok

Berdasarkan pantauan tim Harian Indo, Jumat (29/1/2016), hal ini tentunya membuat petani karet makin sering mengeluh dan berharap pemerintahan Presiden Joko Widodo secepatnya membantu petani karet.

Menurut Ginanda Siregar, aktivis dari Kelompok Anak Petani Karet Indonesia (KAPKI), hingga saat ini karet masih menjadi salah satu komoditi potensial penghasil devisa negara, serta membuka lapangan pekerjaan yang tak sedikit. Namun tampaknya pihak pemerintah lebih fokus ke devisa negara, sementara petani sebagai ujung tombak justru diabaikan.


Baca juga:

Netizen Unggah Foto Mobil RI 1 Terjebak Macet Tanpa Voorijder yang Membunyikan Sirine

Benarkah Fahri Hamzah Telah Dipecat Oleh PKS Sebagai Wakil Ketua DPR ?

Ia menambahkan petani karet di daerah pedesaan Sumatera dan Kalimantan mengaku heran, kenapa harga karet terus anjlok sementara getah karet yang dihasilkan mereka kualitasnya justru semakin baik. Yang lebih mengherankan, permintaan akan bahan karet semakin banyak ditambah nilai mata dolar AS semakin tinggi, tapi malah harga karet semakin anjlok.

Hal ini menimbulkan dugaan adanya permainan mafia pada komoditas ini. Pemerintah diharap dapat bergerak cepat agar nasib petani karet tidak makin sengsara. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Rupiah Diprediksi Bakal Melemah

Rupiah Diprediksi Bakal Melemah

Jakarta – Ruang penguatan nilai tukar rupiah saat ini mulai terbatas dan BI RR rate ...