Home > Travel & Kuliner > Kuliner > Ukurannya Tidak Besar, Tapi Duren Cumasi aka Tai Babi Ini Harganya Selangit

Ukurannya Tidak Besar, Tapi Duren Cumasi aka Tai Babi Ini Harganya Selangit

Bangka – Sekilas durian yang besarnya seukuran kepala bayi ini tidak ada yang istimewa. Namun ketika Anda menanyakan harganya, alis Anda akan mengerut dengan seketika.

Ukurannya Tidak Besar, Tapi Duren Cumasi aka Tai Babi Ini Harganya Selangit

Durian yang memiliki nama durian Cumasi atau Namlung ini dijajakan jalan Mayor Syafri Rahman Pangkalpinang. Meski berukuran jauh lebih kecil dari durian kebanyakan, harganya mencapai Rp 300 ribu per buahnya. Kok bisa?

Padahal harga durian pada umumnya ketika musim durian datang di Pulau Bangka paling mahal biasanya mencapai Rp 50 ribu rupiah saja. Itupun durian yang memiliki ukuran super. Bahkan durian premium jenis impor seperti Monthong dari Thailand masih lebih muraj dari Cumasi.

“Sebutir Rp 300 ribu. Memang begitu harganya. Kalau soal rasa jangan ditanya. Rasanya manis campur pahit dan dagingnya tebal,” ungkap Acing, sang penjual durian Cumasi (Kamis, 28/1/2016).

‎Durian Cumasi juga dikenal dengan nama durian Namlung atau durian Tai Babi. Durian yang berasal dari Jebu Darat Kecamatan Jebus Kabupaten B‎angka Barat ini memang merupakan salah satu durian unggul dari Pulau Bangka.

Rasanya yang ‎sangat khas membuat para penggemar tidak peduli akan banderol ratusan ribu rupiah per butir untuk mendapatkan durian tersebut.

‎‎”Yang mesen banyak pejabat dan pengusaha. Kita juga diminta kirim ke Jakarta,” ungkap Acing.

“‎Kadang durian ini tidak sempat digantung sudah dibeli duluan. Durian ini penggemarnya banyak sementara batangnya hanya satu di Jebu sana. Memang saat ini mulai banyak yang menanam bibitnya,” ungkap Amen, rekan dari Acing. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Resep Tumis Sayur Kailan Praktis

Resep Tumis Sayur Kailan Praktis

Jakarta – Tumis sayur memang merupakan masakan yang enak dan mudah dibuat. Ini juga merupakan ...