Jakarta – Kecanggihan teknologi kerap kali berefek boomerang pada manusia. Teknologi, yang seharusnya bisa bermanfaat untuk kebaikan manusia, bisa menjadi masalah tersendiri bagi para penggunanya.

Yang terbaru, teknologi photo editing telah menimbulkan semacam fitnah terhadap seorang gadis cantik berhijab. Bagaimana tidak, foto dirinya yang sejatinya berpose bersama teman perempuan yang juga berhijab, di edit sedemikian rupa hingga berubah menjadi dipeluk oleh seorang pria.

Dari penelusuran Harian Indo, Minggu (31/1/2016), foto ini menjadi pembicaraan di kalangan netizen setelah salah satu pengguna Facebook berakun “Hafiz” menguploadkan dua buah foto, dimana foto pertama menunjukkan dua gadis berhijab sedang berpelukan, sementara di foto kedua, salah satu gadis “diambil”, atau di-crop dan diedit hingga nampak seperti sedang dipeluk oleh seorang pria yang sepertinya merupakan anggota dari klub motor.

Akibat foto kedua itu (foto bersama pria anggota klub motor), gadis itu sempat mendapatkan imej negatif. Namun demikian, setelah melihat bagaimana foto aslinya, para netizen justru beralih topik membicarakan tentang ancaman atau bahaya fitnah yang bisa muncul karena teknologi pengeditan foto. Penasaran seperti apa foto tersebut, simak yang berikut ini.

Agar Terlihat Eksis, Pria Ini Nekat Edit Foto Peluk Gadis Cantik Berhijab

Foto asli


Agar Terlihat Eksis, Pria Ini Nekat Edit Foto Peluk Gadis Cantik Berhijab

Foto setelah diedit


Agar Terlihat Eksis, Pria Ini Nekat Edit Foto Peluk Gadis Cantik Berhijab

Perbandingan keseluruhan antara foto sebelum dan sesudah diedit

(Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)