Home > Ragam Berita > Internasional > Kapal Perang AS Tantang Tiongkok, Taiwan, dan Vietnam

Kapal Perang AS Tantang Tiongkok, Taiwan, dan Vietnam

Beijing – Sebuah kapal perang berbendera Amerika Serikat (AS) terlihat berlayar mendekati sebuah pulau yang berada di daerah yang diklaim oleh Tiongkok dan beberapa negara lainnya.

Kapal Perang AS Tantang Tiongkok, Taiwan, dan Vietnam

Selama ini, Tiongkok memang mengklai sebagian besar wilayah dari Laut China Selatan. Negara-negara seperti Vietnam, Malaysia, Brunei, Filipina dan Taiwan juga diketahui ikut mengklaim.

Kapten Jeff Davis selaku juru bicara Pentagon pun menyatakan jika operasi tersebut bertujuan untuk “menantang” negara-negara pengklaim Laut China Selatan.

Operasi ini menantang upaya-upaya oleh tiga pengklaim — Tiongkok, Taiwan dan Vietnam — untuk membatasi hak-hak dan kebebasan navigasi,” tegas Davis seperti dilansir dari Reuters (Sabtu, 30/1/2016) yang mencerminkan sikap AS bahwa jalur laut krusial tersebut, harus diperlakukan sebagai perairan internasional.

Davis juga mengungkapkan jika tidak ada kapal militer Tiongkok yang berani mendekati USS Curtis Wilbur, ketika kapal perusak kawal rudal AS itu melintas dekat Pulau Triton di Kepulauan Paracel. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Partai Komunis Cina Ancam Anggotanya Yang Nekat Memeluk Agama

Partai Komunis Cina Ancam Anggotanya Yang Nekat Memeluk Agama

Beijing – Partai Komunis Cina melarang para anggotanya untuk memeluk agama apapun. Apabila ketahuan memeluk ...