Home > Ragam Berita > Internasional > Kapal Perang AS Tantang Tiongkok, Taiwan, dan Vietnam

Kapal Perang AS Tantang Tiongkok, Taiwan, dan Vietnam

Beijing – Sebuah kapal perang berbendera Amerika Serikat (AS) terlihat berlayar mendekati sebuah pulau yang berada di daerah yang diklaim oleh Tiongkok dan beberapa negara lainnya.

Kapal Perang AS Tantang Tiongkok, Taiwan, dan Vietnam

Selama ini, Tiongkok memang mengklai sebagian besar wilayah dari Laut China Selatan. Negara-negara seperti Vietnam, Malaysia, Brunei, Filipina dan Taiwan juga diketahui ikut mengklaim.

Kapten Jeff Davis selaku juru bicara Pentagon pun menyatakan jika operasi tersebut bertujuan untuk “menantang” negara-negara pengklaim Laut China Selatan.

Operasi ini menantang upaya-upaya oleh tiga pengklaim — Tiongkok, Taiwan dan Vietnam — untuk membatasi hak-hak dan kebebasan navigasi,” tegas Davis seperti dilansir dari Reuters (Sabtu, 30/1/2016) yang mencerminkan sikap AS bahwa jalur laut krusial tersebut, harus diperlakukan sebagai perairan internasional.

Davis juga mengungkapkan jika tidak ada kapal militer Tiongkok yang berani mendekati USS Curtis Wilbur, ketika kapal perusak kawal rudal AS itu melintas dekat Pulau Triton di Kepulauan Paracel. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

George Bush Dikabarkan Dirawat di RS

George Bush Dikabarkan Dirawat di RS

Washington – Mantan presiden Amerika Serikat George H.W. Bush dikabarkan masuk rumah sakit. Sebagaimana diberitakan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis