Home > Ragam Berita > Nasional > Saat di Penampungan Mantan Anggota Gafatar Masih Menolak Lakukan Shalat

Saat di Penampungan Mantan Anggota Gafatar Masih Menolak Lakukan Shalat

Yogyakarta – Dinas Sosial Yogyakarta (DIY) tampaknya benar-benar dipusingkan dengan penanganan pengungsi mantan anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar). Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial DIY, Untung Sukaryadi.
Saat di Penampungan Mantan Anggota Gafatar Masih Menolak Lakukan Shalat
“Selama di Dinas Sosial, penanganan eks Gafatar ini yang paling berat. Dinas Sosial menangani eks Gafatar di Youth Center. Kita berikan semua kebutuhan, kesehatan, mendampingan psikologis, dan lainnya,” ujar Untung dalam diskusi dengan Komisi D DPRD DIY, Senin (1/2/2016).

Sebanyak 248 eks anggota Gafatar yang ditampung di Youth Center, Sleman itu, menurut Untung, sering sulit diatur. Mereka kerap menunjukkan sikap “perlawanan” terhadap sejumlah himbauan dari Dinas Sosial. Padahal, hal yang disarankan oleh Dinas Sosial itu merupakan langkah-langkah terapis yang berguna untuk mempersiapkan mereka kembali ke lingkungan sosial masyarakat umum.

“KTP Islam, dari 248 orang itu hanya satu yang mau diajak Salat. Mereka itu susah sekali diatur, diajak kegiatan juga tak mau, sulit sekali,” lanjutnya.

Adapun 248 mantan pengikut Gafatar itu akan dikembalikan ke keluarganya masing-masing pada Selasa (2/2/2016) besok.

Untung mengakui bahwa waktu tiga hari yang dimiliki Dinas Sosial untuk “menyembuhkan” eks Gafatar itu sangatlah kurang.

“Kita hanya diberi waktu 3 hari, apa cukup memulihkan mereka, saya tegaskan tidak cukup. Karena pemulihan eks gafatar itu sulit,” pungkasnya. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Ternyata Lembaga Ini Yang Melarang Panglima TNI Masuk AS

Ternyata Lembaga Ini Yang Melarang Panglima TNI Masuk AS

Jakarta – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dilarang memasuki wilayah Amerika Serikat oleh US Custom ...