Home > Ragam Berita > Nasional > Berbeda dengan Jakarta, Ridwan Kamil Lebih Tertarik Moda Transportasi GRT untuk Bandung

Berbeda dengan Jakarta, Ridwan Kamil Lebih Tertarik Moda Transportasi GRT untuk Bandung

Bandung – Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, mengklaim bahwa teknologi kereta ringan koridor I atau LRT menghabiskan biaya yang relatif lebih murah. Imbasnya, cicilan yang harus dibayarkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung pun otomatis menjadi lebih ringan.
Berbeda dengan Jakarta, Ridwan Kamil Lebih Tertarik Moda Transportasi GRT untuk Bandung
Dengan biaya pembuatan yang relatif ringan, tentunya biaya yang dibebankan kepada masyarakat juga menjadi lebih murah.

“Untuk koridor I Bandung utara ke selatan tipe LRT Group Rapid Transit (GRT) jenis baru ini menggunakan teknologi magnet dengan asumsi ongkos yang murah yaitu Rp6.000 hingga Rp8.000 per orang,” papar Ridwan, Selasa (2/2/2016).

Ridwan melanjutkan bahwa efisiensi yang dimiliki oleh program GRT itu sangat jauh lebih baik dibandingkan dengan MRT (Mass Rapid Transit). Program GRT pun bisa dilunasi biayanya pada kurun waktu 20 tahun.

“Alhamdulilah Investasinya sangat murah USD 260 juta bila dibandingkan dengan monorel yang bisa sampai USD 500 juta, dan selain murah GRT ini manuvernya bahkan kecil bahkan bisa belok 90 derajat sehingga lebih memerlukan ruang gerak yang sedikit dibanding MRT,” terangnya lagi.

Ridwan mengharapkan bahwa proyek LRT Group Rapid Transit bisa segera dimulai pada Maret 2016 mendatang.

“Dalam sebulan ini, kemungkinan SMRT Singapura yang menjadi pemenang karena tidak ada lawan, Saya tadi targetkan pengumuman lelang resmi di bulan Maret setelah itu untuk groundbreaking cuma menunggu izin trase dari Kementerian Perhubungan,” tutupnya. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Panglima TNI Dilarang Masuk ke Amerika Serikat, Kok Bisa?

Panglima TNI Dilarang Masuk ke Amerika Serikat, Kok Bisa?

Jakarta – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo tidak diperbolehkan masuk ke Amerika Serikat oleh US ...