Home > Ragam Berita > Nasional > Apa Jadinya Jika Jakarta Tanpa Premium Seperti Yang Dilontarkan Oleh Ahok ?

Apa Jadinya Jika Jakarta Tanpa Premium Seperti Yang Dilontarkan Oleh Ahok ?

Jakarta – Wacana yang dilontarkan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama untuk menghentikan peredaran BBM bersubsidi jenis Premium di Jakarta menuai pro dan kontra.

Apa Jadinya Jika Jakarta Tanpa Premium Seperti Yang Dilontarkan Oleh Ahok ?

Menurut gubernur yang akrab disapa Ahok ini pemberian subsidi BBM dinilai kurang tepat, karena sebaiknya subsidi difokuskan kepada angkutan umum yang dapat dinikmati oleh lebih banyak masyarakat.

Berdasar pantauan tim Harian Indo, Rabu (3/2/2016), usulan Ahok ini sebenarnya patut diacungkan jempol dalam kaitan untuk mengurai kemacetan lalu lintas di Jakarta. Ya, kemacetan di Jakarta seolah menjadi permasalahan yang tidak pernah tuntas dijawab. Makin bertambahnya kendaraan bermotor tak sebanding dengan panjang jalan, hingga belum adanya angkutan umum massal menjadi beberapa faktor penyebab.

Dalam hal ini, kebijakan radikal seperti ditiadakannya BBM bersubsidi menjadi langkah yang perlu dipertimbangkan. Namun tentu perlu kajian lebih lanjut untuk mengalihkan subsidi BBM kepada angkutan umum. Selain itu peraturan yang tegas juga perlu dibuat untuk memuluskan wacana ini.


Baca juga:

Ahok Bakal Bangun Apartemen Untuk Warga Yang Rumahnya Terbakar

Ngotot Hapus Premium Dari DKI, Ahok Belum Lapor Ke Jokowi

Hadapi Preman Rusun, Ahok Perintahkan Ajudan Siapkan Pistol

Pertama, Pemprov DKI harus menyiapkan aturan yang jelas dan mengikat. Jadi tidak serta menghentikan BBM bersubsidi ataupun menambah fasilitas angkutan umum.

Kedua, jika nanti BBM bersubsidi ditiadakan, warga Jakarta harus dapat jaminan angkutan umum yang murah dan nyaman.

Ketiga adalah Pemprov DKI harus siap untuk menanggulangi adanya kemungkinan penyelundupa BBM bersubsidi, dalam hal ini Premium, mengingat harga Premium dan Pertamax masih cukup tinggi. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Kasubaghumas MK, Tersangka, Hilangnya Berkas Pilkada

Kasubaghumas MK Resmi Jadi Tersangka Terkait Hilangnya Berkas Pilkada

Jakarta – Polda Metro Jaya telah menetapkan tersangka terkait hilangnya berkas dokumen sengketa Pilkada Kabupaten ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis