Home > Ragam Berita > Internasional > Memanas, Jepang Antisipasi Rudal yang Diluncurkan Korea Utara

Memanas, Jepang Antisipasi Rudal yang Diluncurkan Korea Utara

Tokyo – Hubungan Jepang dan Korea Utara semakin memanas. Bahkan, Jepang menyatakan akan bersiap menembak jatuh peluru kendali milik Korut bila sampai negara komunis itu memulai serangan terlebih dahulu.
Memanas, Jepang Antisipasi Rudal yang Diluncurkan Korea Utara
“Hari ini Menteri Pertahanan mengeluarkan perintah untuk ‘menghancurkan peluru kendali’ yang dipertimbangkan akan jatuh dan membahayakan wilayah Jepang,” demikian pernyataan resmi dari Kementerian Pertahanan Jepang, Rabu (3/2/2016).

Menteri Pertahanan Jepang, Gen Nakatani, memang telah mengeluarkan sejumlah perintah yang terkait dengan persiapan menghadapi kemungkinan adanya serangan peluru kendali dari Korut dalam beberapa hari ke depan. Perintah ini pun telah direspon oleh operator sistem pertahanan balistik Jepang yang meliputi peluru anti rudal udara PAC-3 dan sistem peluru kapal perang SM-3. Perintah dari sang menteri itu bakal berlaku hingga 25 Februari 2016 mendatang.

Adapun peningkatan kewaspadaan militer yang dilakukan oleh Jepang ini merupakan sebuah respon terhadap rencana Korut untuk meluncurkan roket ke luar angkasa pada sekitar bulan Februari 2016 ini. Rencana Korut ini memang membuat kondisi Asia Timur menjadi panas, dengan Jepang dan Korea Selatan turut meningkatkan kewaspadaannya. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Presiden Filipina Relakan Anaknya Dibunuh Jika Terlibat Narkoba

Presiden Filipina Relakan Anaknya Dibunuh Jika Terlibat Narkoba

Manila – Tuduhan penggunaan narkoba pada Paolo Duterte membuat sang ayah yang tak lain adalah ...