Home > Ragam Berita > Nasional > Butuh Waktu 1-7 Hari Untuk Cetak e-KTP Yang Rusak Atau Hilang

Butuh Waktu 1-7 Hari Untuk Cetak e-KTP Yang Rusak Atau Hilang

Jakarta – Kartu Tanda Penduduk elektronik atau biasa yang disingkat dengan e-KTP, merupakan hal wajib yang harus dimiliki oleh Warga Negara Indonseia. Layanan mudah telah diberikan oleh pemerintah pada saat membuat e-KTP in meskipun jika dibuat ulang oleh masyarakat yang e-KTP nya hilang. Kementrian Dalam Negeri juga optimis bahwa e-KTP yang berlaku seumur hidup ini akan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayana publik.

Butuh Waktu 1-7 Hari Untuk Cetak e-KTP Yang Rusak Atau Hilang

Seperti saat berbicara dengan wartawan, Kamis (4/2/2016), Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh, mengatakan bahwa jika e-KTP hilang ataupun rusak maka bisa tinggal cetak ulang lagi dan cetaknya pun bisa dilakukan dimanapun, tak harus di daerah asal.Syaratnya pun juga sangat mudah, cukup datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat dan meminta untuk dicetak kembali.

Pada saat membawa ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, warga yang ingin mengurus ulang e-KTP nya harus terlebih dahulu ke kantor kepolisian untuk meminta surat keterangan kehilangan. Surat tersebutlah yang dibawakan ke dinas itu dan selanjutnya meminta untuk dicetak ulang. Zudan menuturkan bahwa pengurusan e-KTP yang hilang atau rusak itu hanya memerlukan waktu sebesar 1-7 hari tergantung padat tidaknya suatu daerah, karena semuanya sudah ada Standard Operating Procedure nya. (Rini Masriyah – Harianindo.com)

x

Check Also

Menjadi Biang Kemacetan di Puncak, Polisi Tilang Panitia Acara Anies-Sandi

Menjadi Biang Kemacetan di Puncak, Polisi Tilang Panitia Acara Anies-Sandi

Bogor – Serangkaian penilangan dilakukan kepada panitia acara Korpri DKI oleh anggota kepolisian Polres Bogor, ...