Home > Ragam Berita > Nasional > Prabowo Menyerahkan Nasib KMP Pada Anak Buahnya

Prabowo Menyerahkan Nasib KMP Pada Anak Buahnya

Jakarta – Persatuan di kubu Koalisi Merah Putih (KMP) sedang diuji belakangan ini. Dua anggota KMP, Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tidak satu suara mengenai langkah politik yang sepatutnya diambil mereka di masa depan.
Prabowo Menyerahkan Nasib KMP Pada Anak Buahnya
Pihak PKS tidak mau sampai KMP bubar begitu saja, sementara Gerindra mengatakan bahwa KMP lebih baik dibubarkan saja karena telah banyak anggotanya yang sudah tidak lagi satu visi.

Kepada wartawan, Jumat (5/2/2016), Ketua DPP Gerindra, Desmond Junaidi Mahesa, menyatakan bahwa usulan Gerindra untuk membubarkan KMP sudah ia konsultasikan dahulu ke Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Prabowo pun menyerahkan keputusan kepada anak buahnya itu.

“Berdasarkan rapat kesimpulannya KMP itu sudah bubar. Pada saat kita lempar ke Pak Prabowo, Pak Prabowo menyatakan ya terserah kalian. Menurut kalian apa ya, itulah kalian yang lebih memahami persoalan DPR,” ujar Desmond.

Desmond menilai bahwa pembubaran KMP tidak perlu dilakukan secara formal dan menggunakan proses-proses deklarasi yang merepotkan. Sebab, bukti saat ini yang terjadi di lapangan mengatakan bahwa anggota koalisi itu sudah berjalan sendiri-sendiri.

“Silakan saja masing-masing kita bubarin enggak perlu ada deklarasi ulang,” tuturnya.

Bila boleh jujur, Desmond sebenarnya berharap agar anggota KMP tetap berada di jalur awalnya, yakni sebagai oposisi pemerintah. Fungsin oposisi ini sangat penting untuk menjadi penyeimbang dalam proses-proses berjalannya pemerintahan di Indonesia.

“Kami dalam rangka cek and balance gitu lho. Kalau itu tidak berfungsi, ngapain kita bicara KMP-KIH? KMP ini kan semangat untuk mengkritisi pemerintah yang tidak pro rakyat.Kalau tidak ada yang mengkritisi program pemerintah, kan pemerintah jadi otoriter. Suara rakyat tidak didengar lagi,” pungkasnya lagi. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Terkait Isu Demo, Polisi Lakukan Penjagaan di Hotel Alexis

Terkait Isu Demo, Polisi Lakukan Penjagaan di Hotel Alexis

Jakarta – Anggota Polisi Resor Metro Jakarta Utara tidak mendapatkan pemberitahuan rencana aksi unjuk rasa ...