Home > Ragam Berita > Nasional > Abdul Karim Oey, Tokoh Tionghoa Yang Memutuskan Memeluk Islam

Abdul Karim Oey, Tokoh Tionghoa Yang Memutuskan Memeluk Islam

Jakarta – Kisah mengenai tokoh Tionghoa yang menyebarkan dakwah agama Islam di Indonesia selalu menarik rasa ingin tahu.

Abdul Karim Oey, Tokoh Tionghoa Yang Memutuskan Memeluk Islam

Salah satu tokoh yang paling dikenal adalah Abdul Karim Oey, atau dikenal juga dengan nama Oey Tjeng Hien. Setelah menemukan Islam pada tahun 1930-an, sesuatu yang ditakutkan akhirnya terjadi.

Oey dijauhi oleh komunitas Tionghoa setelah membuat keputusan memeluk Islam. Sebaliknya, suku Melayu menerimanya dengan tangan terbuka. Oey pun lebih dekat dengan orang-orang Melayu.

“Ananda adalah orang yang mampu, orang keturunan baik-baik mengapa mau masuk suku Melayu, pakaian jorok dan serba buruk itu,” kata ayah Oey seperti yang dikutip dari buku Tokoh Tionghoa dan Identitas Indonesia yang ditulis Leo Suryadinata dan diterbitkan Komunitas Bambu tahun 2010 (Sabtu, 6/2/2016).

Namun Oey tetap pada pendiriannya. Bahkan pada akhirnya Oey lah yang membuat sang ayah juga masuk Islam. Pendiriannya terhadap agama ini juga diwujudkan dengan mendirikan cabang dari Muhammadiyah.

Dari sinilah dia mulai aktivitas dakwah dan perdagangannya. Lulusan HCS ini kenal banyak orang termasuk ayah Fatmawati, Hasan Din di Bengkulu. Ketika pemilihan konsul Muhammadiyah, Soekarno yang saat itu dibuang ke Bengkulu memilih Oey untuk menduduki jabatan tersebut.

Oey pun mulai dekat dengan sang proklamator bahkan Soekarno tak segan meminta bantuan dari Oey untuk meminta Fatmawati ke ayahnya. Bukan hanya dengan Soekarno , Oey juga dekat dengan Buya Hamka. Ketiganya diketahui bersahabat cukup lama.

“Di samping Muslim yang taat, dia pun dipupuk, diasuh dan menjadi seorang nasionalis Indonesia sejati” begitulah pandangan Buya Hamka terhadap sosok Abdul Karim Oey.

Oey terus aktif dalam organisasi keislaman hingga wafat pada 13 Oktober 1988 dalam usia 83 tahun. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Mengerikan ! Inilah Video Truk Trailer Tabrak Motor di Medan, 3 Tewas

Mengerikan ! Inilah Video Truk Trailer Tabrak Motor di Medan, 3 Tewas

Medan – Sebuah truk trailer menabrak pengendara sepeda motor yang sedang menunggu antrean lampu merah ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis