Home > Ragam Berita > Nasional > Presiden KSPI Bandingkan Upah Buruh Di Indonesia Dengan Singapura Yang Telah Mencapai Rp 54 Juta Perbulan

Presiden KSPI Bandingkan Upah Buruh Di Indonesia Dengan Singapura Yang Telah Mencapai Rp 54 Juta Perbulan

Jakarta – Jika dibandingkan dengan upah buruh di beberapa negara tetangga di ASEAN, upah buruh di Indonesia ternyata jauh lebih rendah. Fakta tersebut diungkap oleh Said Iqbal selaku Presiden Konfederensi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).

Presiden KSPI Bandingkan Upah Buruh Di Indonesia Dengan Singapura Yang Telah Mencapai Rp 54 Juta Perbulan

Berdasar informasi yang dihimpun tim Harian Indo, Minggu (7/2/2016), Said mempertanyakan pihak yang menyebut upah buruh di Indonesia sudah tinggi. Faktanya, berdasar data yang dirilis International Labour Organization (ILO) dupah rata-rata buruh di Indonesia sebesar USD 171 atau setara dengan Rp. 2,34 juta. Angka tersebut bahkan masih lebih rendah dari rata-rata upah buruh di Vietnam yang sebesar USD 187 atau setara Rp. 2,55 juta.

Selain lebih kecil dari Vietnam, upah buruh di Indonesia jauh lebih kecil dibanding Filipina, Malaysia, dan Thailand.


Baca juga:

Benarkah KSPI Telah Manfaatkan Buruh Untuk Lakukan Demo Di Jakarta ?

Fadli Zon Menyebut DPR Bakal Gelar Karpet Merah Jika Buruh Mau Datang Di Gedung Wakil Rakyat

Selanjutnya jika membandingkan upah buruh di beberapa kota besar di ASEAN, Indonesia ternyata juga masih tergolong rendah. Untuk tahun 2015 berdasar data yang dirilis Regional Wage Council, upah minimum di Jakarta sebesar Rp. 2,7 juta, bandingkan dengan upah buruh di Bangkok Rp. 3,4 juta, Manila Rp. 3,6 juta, dan Kuala Lumpur Rp. 3,4 juta.

“Kalau ada yang bilang upah buruh di Indonesia tinggi, tolak ukurnya apa? Upah buruh kita masih kompetitif untuk menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA),” pungkas Said Iqbal. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Gerindra Desak Pemerintah Mengusut Pernyataan Panglima TNI Soal Impor 5.000 Senjata Ilegal

Gerindra Desak Pemerintah Mengusut Pernyataan Panglima TNI Soal Impor 5.000 Senjata Ilegal

Jakarta – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menyoroti pernyataan Panglima TNI Jenderal ...