Home > Ragam Berita > Internasional > Pemerintah RI Menilai Peluncuran Roket Korut Telah Melanggar Resolusi Dewan Keamanan PBB

Pemerintah RI Menilai Peluncuran Roket Korut Telah Melanggar Resolusi Dewan Keamanan PBB

Jakarta – Pemerintah Indonesia menyayangkan langkah Korea Utara (Korut) yang tetap melakukan peluncuran roket jarak jauhnya, meski telah mendapatkan pertentangan dari dunia internasional. Peluncuran roket jarak jauh tersebut dilaksanakan pada Minggu (7/2/2016) kemarin.

Pemerintah RI Menilai Peluncuran Roket Korut Telah Melanggar Resolusi Dewan Keamanan PBB

Foto roket milik Korut yang sedang meluncur menuju orbit di luar bumi. (sumber: ITV.com)

Dari informasi yang didapat oleh Harian Indo, Senin (8/2/2016), tindakan Korut tersebut dianggap telah menyalahi resolusi Dewan Keamanan PBB nomor 1718 (2006), 1874 (2009), dan 2087 (2013). Tindakan Korut ini pun sukses meningkatkan ketegangan di kawasan Semenanjung Korea dan bahkan Asia Timur.

Menurut pengumuman yang dilakukan oleh Korut, tujuan utama peluncuran roket jarak jauh tersebut adalah untuk menempatkan satelit luar angkasa mereka di orbitnya. Mereka menyatakan bahwa atas prakarsa dari Kim Jong-un, sang pemimpin tertinggi Korut, kini negara itu telah memiliki satelitnya sendiri.

Meski mengaku bahwa peluncuran roket itu adalah untuk menempatkan satelit di luar angkasa, atau dengan kata lain, bertujuan untuk pengembangan sains dan teknologi, sejumlah negara tetap menilai bahwa ke depannya, roket tersebut bisa saja digunakan untuk tujuan militer. Hal ini kemudian menyebabkan negara-negara seperti Korea Selatan dan Jepang meningkatkan kewaspadaan militer terhadap skenario dan kemungkinan Korut menjatuhkan roketnya ke wilayah mereka.

Pemerintah Indonesia akan mendesak Korut untuk menghormati dan mematuhi resolusi Dewan Keamanan PBB, salah satunya adalah dengan tidak melakukan tindakan-tindakan yang bersifat provokatif. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Viral, Perempuan Ini Tendang Pria Bule Yang Ingin Melecehkannya

Viral, Perempuan Ini Tendang Pria Bule Yang Ingin Melecehkannya

Jakarta – Kasus pelecehan yang dialami Via Vallen beberapa waktu lalu ternyata juga pernah terjadi ...