Home > Ragam Berita > Nasional > Mantan Menteri Ini Menilai Jika Tak Ada Partai Oposisi, Demokrasi Terancam Lenyap

Mantan Menteri Ini Menilai Jika Tak Ada Partai Oposisi, Demokrasi Terancam Lenyap

Jakarta – Hanya dalam tempo satu tahun lebih, Koalisi Merah Putih (KMP) telah ditinggal oleh sejumlah anggotanya. Partai-partai penggagas KMP macam Golkar, PPP, dan PAN, telah memutuskan untuk merapat ke kubu pemerintah.
Mantan Menteri Ini Menilai Jika Tak Ada Partai Oposisi, Demokrasi Terancam Lenyap
Melihat keadaan yang seperti ini, Mantan Menteri Negara Riset dan Teknologi, A.S. Hikam, menilai jika sampai KMP, sebagai kubu oposisi, bubar sepenuhnya, maka hal tersebut bisa dikatakan sebagai “kecelakaan” bagi sistem politik Indonesia yang menganut azas demokrasi.

“Jika tidak ada lagi partai-partai yang mengontrol, mengawasi, dan memberikan alternatif pemikiran kepada penguasa, maka akan terjadi proses pelemahan dan pemunduran, sehingga kata demokrasi hanya akan menjadi semacam olok-olok atau, meminjam istilah Gus Dur, demokrasi seolah-olah belaka,” ujar Hikam dalam sebuah postingan yang ia unggah ke media sosial Facebook, Minggu (7/2/2016).

Hikam menekankan bahwa peran oposisi sangatlah penting untuk menyeimbangkan sistem demokrasi yang berjalan di republik ini.

“Sebab tanpa ada kekuatan oposisi, maka prinsip checks and balances, yang merupakan salah satu syarat penting dari sistem demokrasi konstitusional, akan terabaikan dan bahkan terancam bisa lenyap,” tandasnya. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Awalnya Disebut Penyusup, Habib Novel Kini Akui Pembawa Bendera Bukan Anggota GNPF-MUI

Awalnya Disebut Penyusup, Habib Novel Kini Akui Pembawa Bendera Bukan Anggota GNPF-MUI

Jakarta – Ketika aksi di depan Mabes Polri pada Senin (16/1/2017) lalu, terlihat ada seseorang ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis