Home > Teknologi > Gadget > Dihapus Google, Kini Tak Ada Lagi Aplikasi Anti Iklan di Playstore

Dihapus Google, Kini Tak Ada Lagi Aplikasi Anti Iklan di Playstore

Jakarta – Google belum lama ini telah menghapus aplikasi pemblokir iklan yang beredar di Play Store. Aplikasi yang dimaksud adalah Adblock Fast.
Dihapus Google, Kini Tak Ada Lagi Aplikasi Anti Iklan di Playstore
Langkah ini dimabil Google karena sang pengembang aplikasi tersebut, Rocketship Apps, dianggap telah melanggar panduan developer yang sudah ditetapkan oleh Google.

Adblock Fast sendiri sempat menduduki peringkat teratas sebagai aplikasi pemblokir iklan di Play Store. Aplikasi ini terwujud melalui kerja sama antara Rocketship Apps dengan raksasa elektronik asal Korea Selatan, Samsung. Adblock Fast hanya bisa berjalan di browser internet yang terinstall di dalam perangkat mobile keluaran Samsung.

Brian Kennish, salah satu pengembang Rocketship Apps, mengatakan bahwa Google menuding perusahaannya telah melanggar peraturan pada poin 4.4, sebagaimana tertera dalam perjanjian tertulis “Developer Distribution Agreement”. Secara garis besar, peraturan itu melarang sebuah aplikasi untuk memiliki fitur yang memberikan kesempatan bagi developer lain (di luar pengembang aslinya, dalam hal ini, di luar Rocketship Apps) untuk memasukkan layanan tambahan atau update ke dalam aplikasi “induk” tersebut.

Dilansir dari The Verge, Selasa (9/2/2016), pihak Google sendiri sudah mengumumkan bahwa pihaknya telah menarik Adblock Fast dari peredaran di Play Store. Namun demikian, Google tidak menjabarkan secara detail alasan mereka melakukan hal itu. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Pemerintah Afghanistan Blokir WhatsApp dan Telegram, Apa Alasannya ?

Pemerintah Afghanistan Blokir WhatsApp dan Telegram, Apa Alasannya ?

Kabul – Regulator telekomunikasi Afghanistan (ATRA) melayangkan surat kepada perusahaan penyedia internet setempat. Mereka memerintahkan ...