Home > Ragam Berita > Internasional > Bentrokan Pecah di Turki, Puluhan Orang Tewas

Bentrokan Pecah di Turki, Puluhan Orang Tewas

Istanbul – Sebanyak sembilan warga sipil serta 16 militan tewas dalam sebuah baku tembak yang terjadi di tenggara Turki pada Senin (8/2/2016). Baku tembak terjadi saat pasukan keamanan mencoba membasmi militan dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK).
Bentrokan Pecah di Turki, Puluhan Orang Tewas
Sumber dari pihak militer menyatakan, sebanyak 10 dari 16 militan yang tewas tertembak berada di Cizre dan enam lainnya berada di Sur. Angka ini membuat total korban yang tewas di dua tempat tersebut mencapai 749 jiwa sejak Desember 2015 silam.

“Ini jelas bahw (PKK) menerapkan metode untuk mengacaukan kota Turki. Dalam hal ini, Cizre adalah kota penting, terletak begitu dekat dengan perbatasan, dieksploitasi untuk menyeberang senjata dan teroris,” ujar Perdana Menteri Ahmet Davutoglu dalam sebuah pernyataannya di depan pers.

Gesekan antara militer Turki dengan PKK sejatinya telah berkobar sejak Juli 2015. Pembicaraan damai telah disiapkan untuk mengakhiri pemberontakan selama tiga dekade yang telah merenggut 40 ribu jiwa.

Meski angka tewas di pihak sipil cukup besar, Davutoglu menyangkal jika militer dituduh menargetkan warga sipil. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Gerakan Militer Myanmar Mendapat Dukungan Dari China

Gerakan Militer Myanmar Mendapat Dukungan Dari China

Jakarta – Menjadi pembicaraan utama, kali ini Cina berikan dukungan pada pihak militer Myanmar dalam ...