Home > Ragam Berita > Nasional > Politisi PDIP Ini Mengatakan Kalau Menteri Melanggar UU, Jokowi Bisa Dilengserkan

Politisi PDIP Ini Mengatakan Kalau Menteri Melanggar UU, Jokowi Bisa Dilengserkan

Jakarta – Effendi Simbolon, Politikus dari PDI Perjuangan, menyatakan jika secara konstitusinal, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertanggung jawab penuh terhadap semua keputusan para menteri yang melanggar undang-undang.

Politisi PDIP Ini Mengatakan Kalau Menteri Melanggar UU, Jokowi Bisa Dilengserkan

Pernyataan Effendi itu merujuk pada keputusan Menteri ESDM Sudirman Said yang telah memberikan jaminan akan memperpanjang kontrak PT Freeport.

“Saya bicara konstitusi saja. Soal jaminan pemerintah melalui Kementerian ESDM bahwa kontrak Freeport bakal diperpanjang, itu telah melanggar UU Minerba dan dengan sendirinya menjadi tanggung jawab presiden. Menteri Sudirman Said itu hanya pembantu. Tapi tanggung jawab ada di presiden,” kata Effendi Simbolon, di Gedung DPR RI, Senayan Jakarta (Rabu, 10/2/2016).

Sebagai seorang menteri, Sudirman Said hanya bertanggung jawab dari sisi pelanggaran dan hak tersebut menjadi urusan bagi aparat penegak hukum. Namun, tanggungjawab konstitusional tetap di tangan presiden.

“Dalam konteks jaminan perpanjangan kontrak itu, yang memberikan jaminan itu jelas-jelas pemerintah yang dikepalai oleh presiden,” ujarnya.

“DPR tidak bisa mengatakan Sudirman Said salah, sebab sebagai pemegang kekuasaan mandat rakyat adalah presiden, dan dia bertanggung jawab. Menurut UUD 45, itu artinya bisa di-impeach. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Ridwan Kamil Mengaku Tidak Baper Setelah Golkar Cabut Dukungan

Ridwan Kamil Mengaku Tidak Baper Setelah Golkar Cabut Dukungan

Bandung – Pencabutan dukungan yang dilakukan oleh Golkar ditanggapi santai oleh bakal calon gubernur Jawa ...