Home > Ragam Berita > Nasional > Politisi PDIP Ini Mengatakan Kalau Menteri Melanggar UU, Jokowi Bisa Dilengserkan

Politisi PDIP Ini Mengatakan Kalau Menteri Melanggar UU, Jokowi Bisa Dilengserkan

Jakarta – Effendi Simbolon, Politikus dari PDI Perjuangan, menyatakan jika secara konstitusinal, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertanggung jawab penuh terhadap semua keputusan para menteri yang melanggar undang-undang.

Politisi PDIP Ini Mengatakan Kalau Menteri Melanggar UU, Jokowi Bisa Dilengserkan

Pernyataan Effendi itu merujuk pada keputusan Menteri ESDM Sudirman Said yang telah memberikan jaminan akan memperpanjang kontrak PT Freeport.

“Saya bicara konstitusi saja. Soal jaminan pemerintah melalui Kementerian ESDM bahwa kontrak Freeport bakal diperpanjang, itu telah melanggar UU Minerba dan dengan sendirinya menjadi tanggung jawab presiden. Menteri Sudirman Said itu hanya pembantu. Tapi tanggung jawab ada di presiden,” kata Effendi Simbolon, di Gedung DPR RI, Senayan Jakarta (Rabu, 10/2/2016).

Sebagai seorang menteri, Sudirman Said hanya bertanggung jawab dari sisi pelanggaran dan hak tersebut menjadi urusan bagi aparat penegak hukum. Namun, tanggungjawab konstitusional tetap di tangan presiden.

“Dalam konteks jaminan perpanjangan kontrak itu, yang memberikan jaminan itu jelas-jelas pemerintah yang dikepalai oleh presiden,” ujarnya.

“DPR tidak bisa mengatakan Sudirman Said salah, sebab sebagai pemegang kekuasaan mandat rakyat adalah presiden, dan dia bertanggung jawab. Menurut UUD 45, itu artinya bisa di-impeach. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Presiden Joko Widodo Minta Persiapan Idul Fitri 2017 Diperhatikan Dengan Baik

Presiden Joko Widodo Minta Persiapan Idul Fitri 2017 Diperhatikan Dengan Baik

Jakarta – Baru-baru ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya untuk memperhatikan betul persiapan Idul ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis