Home > Ragam Berita > Nasional > Penting, Kartu Identitas Anak Mulai Diterapkan Tahun Ini

Penting, Kartu Identitas Anak Mulai Diterapkan Tahun Ini

Jakarta – Mulai tahun ini, tidak hanya warga negara Indonesia berusia 17 ke atas yang wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). Pasalnya, Kementerian Dalam Negeri telah memberlakukan atura baru berupa diwajibkannya anak-anak dan balita untuk memiiki Kartu Identitas Anak (KIA) untuk memenuhi syarat administrasi kependudukan.

Penting, Kartu Identitas Anak Mulai Diterapkan Tahun Ini

Berdasar informasi yang dihimpun tim Harian Indo, Jumat (12/2/2016), aturan baru ini mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Indonesia (Permendagri) No. 2 Tahun 2016 yang mengatur tentang kepemilikan Kartu Identitas Anak.

Zudan Arif Fakrulloh selaku Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri menjelaskan bahwa KIA adalah identitas resmi yang wajib dimiliki anak berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah. KIA ini diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota.

KIA sendiri bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik, pendataan dan perlindungan terhadap anak. Nantinya KIA akan dirilis dalam dua jenis, yakni untuk anak berusia 0 – 5 tahun dan anak berusia 5 – 17 tahun.


Baca juga:

Bima Arya : “Saya Berbeda Pendapat Dengan HTI Termasuk Soal Khilafah”

Mau Parkir di Kalijodo Saat Malam ? Siapkan Uang Rp 80 Ribu

Untuk tahun ini, penerapan KIA akan lebih dulu dilakukan di 50 kabupaten / kota. Beberapa kota / kabupaten di Indonesia telah lebih dulu menerapkan KIA, seperti di Solo, Yogyakarta, Malang, Balikpapan, Makassar, Depok, dan Bantul. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Djarot Jenguk Ahok di Rutan Mako Brimob, Apa Saja yang Dibahas ?

Djarot Jenguk Ahok di Rutan Mako Brimob, Apa Saja yang Dibahas ?

Jakarta – Mantan Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, sempat menjenguk Basuki Tjahaja Purnama alias ...