Home > Ragam Berita > Nasional > Penting, Kartu Identitas Anak Mulai Diterapkan Tahun Ini

Penting, Kartu Identitas Anak Mulai Diterapkan Tahun Ini

Jakarta – Mulai tahun ini, tidak hanya warga negara Indonesia berusia 17 ke atas yang wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). Pasalnya, Kementerian Dalam Negeri telah memberlakukan atura baru berupa diwajibkannya anak-anak dan balita untuk memiiki Kartu Identitas Anak (KIA) untuk memenuhi syarat administrasi kependudukan.

Penting, Kartu Identitas Anak Mulai Diterapkan Tahun Ini

Berdasar informasi yang dihimpun tim Harian Indo, Jumat (12/2/2016), aturan baru ini mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Indonesia (Permendagri) No. 2 Tahun 2016 yang mengatur tentang kepemilikan Kartu Identitas Anak.

Zudan Arif Fakrulloh selaku Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri menjelaskan bahwa KIA adalah identitas resmi yang wajib dimiliki anak berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah. KIA ini diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota.

KIA sendiri bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik, pendataan dan perlindungan terhadap anak. Nantinya KIA akan dirilis dalam dua jenis, yakni untuk anak berusia 0 – 5 tahun dan anak berusia 5 – 17 tahun.


Baca juga:

Bima Arya : “Saya Berbeda Pendapat Dengan HTI Termasuk Soal Khilafah”

Mau Parkir di Kalijodo Saat Malam ? Siapkan Uang Rp 80 Ribu

Untuk tahun ini, penerapan KIA akan lebih dulu dilakukan di 50 kabupaten / kota. Beberapa kota / kabupaten di Indonesia telah lebih dulu menerapkan KIA, seperti di Solo, Yogyakarta, Malang, Balikpapan, Makassar, Depok, dan Bantul. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Terus Berikan Dukungan, PSI Rilis Aplikasi Go Ahok 2

Terus Berikan Dukungan, PSI Rilis Aplikasi Go Ahok 2

Jakarta – Pendukung pasangan calon gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dikabarkan telah ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis