Home > Ragam Berita > Nasional > Terungkap, Anak Macan yang Membuat FPI Keok Melawan Preman Kalijodo

Terungkap, Anak Macan yang Membuat FPI Keok Melawan Preman Kalijodo

Jakarta – Lokalisasi Kalijodo, Penjaringan, Jakarta Utara, memang dikenal mmeiliki “pasukan” preman yang ganas, yang tak ragu untuk menggunakan senjata tajam dan tombak untuk mengusir semua pihak yang ingin mengganggu aktivitas bisnis esek-esek di kawasan tersebut. Keganasan preman Kalijodo ini pun sempat membuat Front Pembela Islam (FPI) kocar-kacir saat mencoba melakukan razia di sana.
Terungkap, Anak Macan yang Membuat FPI Keok Melawan Preman Kalijodo
Hal itu dikemukakan oleh Kombes Krishna Murti dalam bukunya. Krishna memang pernah menjabat sebagai Kapolsek Penjaringan, sehingga dirinya sangat faham dengan dinamika keadaan Kalijodo beserta sejarah aksi kekerasan yang menyertainya.

Krishna mengatakan bahwa para bandar judi dan pemilik tempat hiburan malam mengumpulkan para penyamun dan pengangguran untuk berjaga mengamankan lapak-lapak di Kalijodo. Kelompok tersebut disebut “Anak Macan”, dan memiliki hierarki paling bawah, semacam pasukan cadangan, yang dipanggil bila keadaan sudah sangat mendesak.

“Mereka seperti pasukan cadangan, ada yang menyebut jumlahnya sampai 1.000 orang,” demikian tulis Krishna dalam buku “Geger Kalijodo”.

Sistem kerja Anak Macan ini pun sudah sangat tertata rapi. Bahkan, konon mereka sudah menyusupkan beberapa anggotanya ke dalam tubuh FPI untuk menjadi mata-mata.

“Mereka juga berhasil menyusupkan beberapa anggota mereka ke dalam tubuh FPI. Sehingga kegiatan kelompok bersorban ini selalu terpantau, terutama jika ada rencana penyerangan ke Kalijodo,” terang Krishna. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

20 Ormas Dipastikan Ikut Aksi 287

20 Ormas Dipastikan Ikut Aksi 287

Jakarta – Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) bersama dengan sejumlah ormas rencananya ...