Home > Ragam Berita > Internasional > Kurang Mendapat Tempat Di Indonesia, Batik Banten Justru Dilirik Mancanegara

Kurang Mendapat Tempat Di Indonesia, Batik Banten Justru Dilirik Mancanegara

Jakarta – Selama ini, batik masih identik sebagai kain khas provinsi Jawa Tengah, seperti Pekalongan, Solo, dan Yogyakarta. Padahal, hampir seluruh provinsi di Indonesia memiliki batik motifnya sendiri.

Kurang Mendapat Tempat Di Indonesia, Batik Banten Justru Dilirik Mancanegara

Salah satunya adalah batik dari Banten. Batik ini memang masih kalah populer apabila dibandingkan dengan batik daerah lainnya. Namun, jika menyangkut masalah keindahan serta kualitas batik Banten sebenarnya tidak kalah dan memiliki nilai seni yang sangat tinggi.

Motif batik Banten berakar dari temuan arkeologis di situs Keraton Surosowan. Hingga saat ini, batik Banten memiliki 75 motif.

“Salah satu di antaranya adalah motif Sabakingking, Mandalikan, Srimanganti, Pasepen, dan Pejantren. Masing-masing motif memiliki sejarah dan cerita sendiri,” terang Uke Kurniawan, pemilik Sentra Batik Banten dalam keterangan persnya.

Uke menambahkan, batik Banten merupakan jenis batik yang pertama dipatenkan dalam kajian di Malaysia dan Singapura yang diikuti 62 negara di dunia pada 2003. Batik Banten juga memiliki predikat terbaik sedunia. Setelah ada himbauan pada 5 Juni hari Batik sedunia, Banten menjadi Batik pertama yang punya hak paten di UNESCO.

Ciri khas dari batik Banten terlihat dari warna abu-abu yang ada di setiap motifnya. Warna tersebut menggambarkan karakteristik masyarakat Banten yang sederhana.

Senada dengan Uke, artis sekaligus politisi Tantowi Yahya optimis bila batik Banten bisa menjadi primadona di pasaran Indonesia hingga dunia.

“Corak dan desain batik Banten kaya dengan sejarah dan tradisi. Ini keunikan yang bisa dijual kepada konsumen Indonesia, bahkan dunia,” kata Tantowi.(Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Wow, Harga Busana Melania Trump Ini Seharga Rp 685 Juta

Wow, Harga Busana Melania Trump Ini Seharga Rp 685 Juta

Jakarta – Sejak menjadi Ibu Negara Amerika Serikat, kegiatan hingga penampilan dari Melania Trump selalu ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis