Home > Ragam Berita > Nasional > Inilah Hewan Liar Awetan yang Menjadi Koleksi Menteri Tjahjo Kumolo

Inilah Hewan Liar Awetan yang Menjadi Koleksi Menteri Tjahjo Kumolo

Jakarta – Mendagri, Tjahjo Kumolo, dikabarkan memiliki sejumlah koleksi hewan liar yang telah diawetkan sebagai hiasan ruangan. Tak tanggung-tanggung, hewan liar yang dimaksud adalah harimau, yang tentunya sudah dikategorikan sebagai hewan yang terancam punah di Indonesia maupun dunia.
Inilah Hewan Liar Awetan yang Menjadi Koleksi Menteri Tjahjo Kumolo
Kabar mengenai koleksi hewan eksotis yang telah diawetkan itu kemudian mengundang kontroversi. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) pun mulai bertindak untuk meminta Tjahjo menyerahkan hewan awetan tersebut, karena dianggap telah menyalahi aturan.

Kabar terbaru yang sampai ke meja Harian Indo, Minggu (14/2/2016), mengatakan bahwa Tjahjo sudah memenuhi tuntutan BKSDA tersebut. Berita ini ia sampaikan sendiri melalui akun Twitter-nya, @tjahjo_kumolo.

“Saya tidak keberatan dan melalui surat resmi kepada pimpinan BKSDA dan kepada MenHUT-KLH ‘km resmi menyerahkan “satwa yang diawetkan tersebut,” tulis Tjahjo.

Tjahjo memaparkan bahwa satu harimau awetan miliknya akan diserahkan ke BKSD Jateng, sebab, hewan itu ditempatkannya di rumah orang tuanya di Semarang. Sementara itu, empat harimau dan dua beruang awetan yang berada di rumah Tjahjo di Jakarta akan diserahkan ke BKSD Pusat.

“Satwa-satwa yang diawetkan tersebut diserahkan ke BKSDA Pusat, tembusan Kementrian Kehutanan LH,” lanjut Tjahjo.

Adapun koleksi hewan offset (hewan awetan untuk pajangan) ini kemudian mendapatkan sorotan dari National Geographic, media yang memang gencar menyerukan pelestarian alam dan hewan. Mereka pun menuliskan tweet yang intinya mengatakan bahwa Tjahjo telah menyalahi salah satu undang-undang yang berkaitan dengan konservasi alam.

“Sahabat, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo telah menyalahi UU No 5/90. Mari kita ingatkan Presiden @jokowi,” demikian tulis @NGIndonesia. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Gerindra Masih Menunggu Jawaban Prabowo Terkait Pilpres

Gerindra Masih Menunggu Jawaban Prabowo Terkait Pilpres

Jakarta – Partai Gerindra rencananya akan mencalonkan sang Ketua Umum Prabowo Subianto sebagai calon presiden ...