Jakarta – Tubuh kita membutuhkan asupan kalsium sekitar 1.000 mg setiap harinya. Kalsium dibutuhkan untuk menjaga kepadatan dan kesehatan tulang, menguatkan pembuluh darah, menyeimbangkan asam, serta melindungi otot jantung.

Alergi Susu? Asupan Kalsium Bisa Didapatkan dari 5 Makanan Ini

Salah satu sumber kalsium paling populer adalah susu. Mengonsumsi susu bagi meeka yang terbiasa bukanlah hal yang sulit. Namun bagaimana dengan mereka yang tidak suka atau bahkan alergi dengan susu?

Berikut Harian Indo hadirkan lima jenis makanan yang bisa digunakan sebagai pengganti susu seperti dilansir dari vemale.com (Rabu, 17/2/2016):

Jeruk. Satu butir jeruk mengandung 60 mg kalsium, di samping vitamin dan juga serat. Anda disarankan mengonsumsi buah jeruk dengan cara dimakan secara langsung, jika bosan, Anda juga bisa membuatnya menjadi jus dan mengonsumsinya langsung tanpa harus disaring atau diberi tambahan gula.

Oatmeal. Oatmeal berasal dari gandum utuh yang kaya akan serat dan baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, dalam satu sachet oatmeal juga mengandung kalsium sekitar 105 mg. Anda bisa mengolah oatmeal dengan cara dibuat bubur yang disajikan bersama pisang atau stroberi.

Kacang Kedelai. Selain jeruk dan oatmeal, kacang kedelai pun memiliki banyak kandungan kalsium. Dalam satu cangkir kacang kedelai, terdapat sekitar 261 mg kalsium.

Almond. Segenggam kacang bercitarasa gurih dan creamy ini memiliki kandungan sekitar 80 mg kalsium. Tak hanya kaya kalsium, almond juga bermanfaat mengurangi kadar gula darah tinggi, membantu penurunan berat badan dan mengurangi kolesterol. (Yayan – www.harianindo.com)