Jakarta – Akhir pekan memang pas dijadikan sebagai quality time, atau waktu spesial untuk berkumpul, beraktivitas, atau sekedar bersantai bersama keluarga. Untuk memeriahkan momen ini, sesekali bolehlkah kita menyajikan satu makanan spesial di tengah keluarga.
Cake Ubi Ungu, Variasi Resep Cake untuk Meriahkan Akhri Pekan
Salah satu santapan spesial yang cocok disajikan, atau bahkan dibuat bersama keluarga adalah cake. Untuk menambah keseruan, variasi resep cake berbahan yang “tidak awam” juga bisa dipilih, seperti misalnya “Cake Ubi Ungu”.

Ya, dengan sedikit kreativitas, ubi ungu juga sangat nikmat diolah menjadi sebuah cake. Oleh karena itu, dilansir dari buku Kue-Kue Indonesia ala Sisca Soewitomo, Kamis (18/2/2016), berikut ini kami tampilkan resep “Cake Ubi Ungu” tersebut.

Bahan-bahan:

250 gr ubi ungu, kukus dan haluskan
200 gr tepung terigu
1/2 sdt ragi instan
2 sdm air
180 gr gula pasir
125 ml santan kental, hangatkan
2 buah kuning telur
1/2 sdt vanili bubuk

Cara membuat:

1. Siapkan cetakan bolu kukus, lapisi dengan kertas cup, sisihkan. Panaskan dandang untuk mengukus kue;

2. Adonan biang; campur 1 sdm tepung terigu dengan ragi instan dan 2 sdm air. Diamkan selama 15 menit hingga mengembang;

3. Uleni tepung terigu dengan ubi yang telah dihaluskan gula pasir hingga gula larut. Kemudian masukkan santan, telur, vanili, dan adonan biang hingga larut dan menjadi adonan licin;

4. Tutup adonan dengan serbet bersih yang sudah dibasahi dan diamkan kembali selama 1 jam hingga mengembang;

5. Masukkan adonan ke dalam cetakan hingga hampir penuh dan kukus selama 15 menit hingga merekah dan matang, kemudian angkat dan sajikan.

Selamat mencoba ~ !

(Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)