Home > Travel & Kuliner > Kuliner > Resep Bagel, Roti Khas Polandia

Resep Bagel, Roti Khas Polandia

Jakarta – Bagel merupakan roti berbentuk bulat dan nyaris mirip dengan donat. Tekstur kering dan renyahnya membuat roti yang berasal dari Polandia ini menjadi berbeda dengan donat.

Resep Bagel, Roti Khas Polandia

Cara membuatnya pun berbeda. Berikut resep dan cara membuat bagel seperti dilansir dari berbagai sumber (Sabtu, 20/2/2016):

Bahan-bahan:

500 gr tepung terigu khusus untuk roti, ayak
1 sdm gula pasir
2 sdt ragi instan
350 ml air hangat (suam-suam kuku)
1 sdm minyak sayur
1 1/2 sdt garam
1 1/2 liter air yang didihkan
1/2 sdt soda kue, didihkan

Cara membuat:

Campurkan tepung terigu bersama gula pasir, air hangat, ragi instan dan minyak sayur dalam wadah yang besar. Aduk rata dan kemudian masukkan garam. Aduk lagi sampai rata.

Pindahkan adonan ke atas permukaan datar bertabur tepung. Uleni selama 10 menit hingga kalis dan tidak lengket di tangan. Kembalikan ke dalam wadah, tutup dengan plastik lengket dan diamkan selama 20 menit. Jika dirasa adonan sudah mengembang, sisihkan.

Buka tutup wadah, bagi adonan menjadi 8 bagian, bentuk bulat-bulat. Tusuk bagian tengah di setiap bulatan adonan menggunakan jari, kemudian lebarkan lubang di bagian tengah hingga menyerupai donat. Diamkan adonan selama kurang lebih 20 menit hingga mengembang lalu sisihkan.

Rebus setiap adonan bagel di dalam air soda kue yang sudah mendidih, di atas api sedang selama 2 menit di setiap sisinya. Angkat dan tiriskan. Diamkan adonan selama 5 menit hingga mengering.

Letakkan adonan di atas loyang bersemir minyak, beri jarak diantaranya. Panggang di dalam oven bersuhu 180 derajat celcius selama 30 menit hingga matang. Sajikan selagi hangat. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Resep Sahur : Ayam Goreng Bumbu Bacem

Resep Sahur : Ayam Goreng Bumbu Bacem

Jakarta – Tidak terasa jika malam ini kita sudah bertemu kembali dengan bulan suci Ramadhan. ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis