Home > Ragam Berita > Nasional > Wagub DKI Inginkan Plastik Berbayar Dihargai Rp 10 Ribu

Wagub DKI Inginkan Plastik Berbayar Dihargai Rp 10 Ribu

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengaku pasrah dengan keputusan yang dibuat oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) terkait kantong plastik berbayar.

Wagub DKI Inginkan Plastik Berbayar Dihargai Rp 10 Ribu

Menurutnya, harga Rp 200 terlampau murah.

“Putusannya Rp 200 ya harus kita ikutin. Mau bilang apa. Itu kan putusan,” kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat (Senin, 22/2/2016)

Kebijakan ini dikeluarkan oleh Pemerintah menyusul gerakan Indonesia bersih sampah 2022. Namun, sejumlah pihak menilai kebijakan plastik berbayar tersebut memiliki kelemahan.

Hal senada juga diutarakan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat.

“Bagi orang Jakarta, Rp 200 itu kecil sekali. Kalau saran saya Rp 5.000 atau Rp 10 ribu sekalian,” ujar Djarot.

Penerapan kebijakan tersebut telah sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan No S.1230/PSLB3-PS/2016. Kebijakan itu dicanangkan Menteri LHK Siti Nurbaya bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional di Jakarta.

Selain di Jakarta dan sekitarnya, kantong plastik berbayar juga diberlakukan di sejumlah kota besar lain seperti Bandung, Surabaya, dan Balikpapan. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Megawati Layangkan Sindiran kepada Parpol Pendukung Pemerintah

Megawati Layangkan Sindiran kepada Parpol Pendukung Pemerintah

Jakarta – Partai pendukung pemerintah bermunculan saat pembentukan kabinet. Ketua Umum Partai Demokrasi Indoesia Perjuangan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis