Home > Ragam Berita > Ekonomi > Terkait Penetapan Harga BBM, Arab dan Iran Mencontoh Indonesia

Terkait Penetapan Harga BBM, Arab dan Iran Mencontoh Indonesia

Jakarta – Langkah Indonesia untuk mencabut subsidi bahan bakar minyak (BBM) ternyata kini mulai diikuti oleh pemerintah Arab Saudi dan Iran. Menurut Kementerian ESDM, pencabutan subsidi BBM dirasa perlu untuk mengurangi beban negara untuk pengeluaran tidak produktif.

Terkait Penetapan Harga BBM, Arab dan Iran Mencontoh Indonesia

Berdasar penelusuran tim Harian Indo, Selasa (23/2/2016), langkah pemerintahan Arab Saudi dan Iran memang sama persis dengan Indonesia, karena tidak hanya mencabut subsidi BBM, mereka juga meniru cara yang dilakukan Indonesia dalam penetapan harga BBM, yakni dengan sistem periodik.

“Beberapa negara sudah menyontoh. Mulai dari Arab Saudi, Iran dan beberapa negara lain yang awalnya menyubsidi BBM, sekarang perlahan sudah mencabut subsidi,” ujar Wiratmaja Puja selaku Dirjen Migas Kementerian ESDM.

Pola penetapan harga BBM di Indonesia memang tidak awam dilakukan, karena meski harga minyak dunia merosot drastis tidak langsung memengaruhi harga BBM. Pola penetapan harga yang secara konsisten tiap 3 bulan dengan melihat harga rata-rata BBM membuat perekonomian lebih stabil. Misal harga untuk periode Januari-Maret dilihat dari harga minyak dunia pada periode Oktober-Desember.


Baca juga:

Hingga 2030 Nanti, Jokowi Menilai Indonesia Masih Berada dalam Masa Transisi

Obama Akui Peran Penting Umat Muslim di Indonesia

Seperti saat ini ketika harga minyak dunia sedang anjlok, tidak memengaruhi harga BBM yang disediakan Pertamina. Harga baru akan berubah pada periode April-Juni mendatang. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Harga Minyak Dunia Menurun Karena Persediaan di Amerika Serikat Bertambah

Harga Minyak Dunia Menurun Karena Persediaan di Amerika Serikat Bertambah

Jakarta – Harga minyak dunia dinyatakan turun tipis pada penutupan perdagangan Selasa (Rabu pagi waktu ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis