Home > Teknologi > Internet > Facebook Kembangkan Artificial Inteligence untuk Kepentingan Ini

Facebook Kembangkan Artificial Inteligence untuk Kepentingan Ini

Jakarta – Meski telah memiliki jutaan pengguna, Facebook tetap tak mau berhenti untuk menciptakan inovasi-inovasi baru. Belakangan, jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini dikabarkan tengah mengembangkan sebuah teknologi Artificial Inteligence (AI) untuk berbagai keperluan.
Facebook Kembangkan Artificial Inteligence untuk Kepentingan Ini
Dari penelusuran Harian Indo, Selasa (23/2/2016), Facebook sendiri akan menggunakan AI tersebut untuk memetakan wilayah tempat tinggal dari seluruh penggunanya. Dengan kecanggihan dan kecerdasan tinggi yang dimiliki oleh AI tersebut, Facebook berharap bisa menjangkau seluruh usernya sampai ke daerah terpencil.

Proyek yang merupakan bagian dari agenda “Facebook Connectivity Lab” ini nantinya juga akan diintegrasikan dengan sistem drone, satelit, dan laser untuk menyebarkan jaringannya secara luas di dunia maya. Dengan sistem perpetaan yang lebih advance, perusahaan tersebut berharap bisa mewujudkan harapannya untuk menjangkau daerah-daerah terpencil di seluruh dunia.

Untuk sistem satelitnya sendiri, Facebook mengklaim bisa memanfaatkan hasil pencitraan jarak jauh dari 20 negara yang mencakup luasan hingga 21,6 juta km persegi, dengan ukuran data yang benar-benar luar biasa, yakni 350 TB.
Facebook Kembangkan Artificial Inteligence untuk Kepentingan Ini
Dengan bantuan AI tadi dan dukungan teknologi komputer yang canggih, Facebook mengklaim bisa mengenali wajah manusia yang menjadi usernya tersebut, dan mengidentifikasi bangunan-bangunan tertentu yang sudah mereka data sebelumnya.

Adapun pengembangan teknologi AI ini langsung disambut baik oleh The Red Cross, alias Palang Merah Internasional. Pasalnya, teknologi ini bisa dimanfaatkan untuk mendeteksi lokasi orang-orang yang mendapatkan musibah atau terkena bencana dan membutuhkan bantuan dengan segera. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Terima Gold Button dari YouTube Indonesia, Berapa Penghasilan Youtuber Bayu Skak?

Terima Gold Button dari YouTube Indonesia, Berapa Penghasilan Youtuber Bayu Skak?

Jakarta – Youtuber Bayu Eko Moektito, atau yang lebih dikenal dengan nama Bayu Skak, baru ...