Home > Ragam Berita > Ekonomi > Dibanding Negara Tetangga, Harga Beras Di Indonesia Lebih Mahal

Dibanding Negara Tetangga, Harga Beras Di Indonesia Lebih Mahal

Jakarta – Harga beras produksi Indonesia ternyata memiliki harga dua kali lipat dari harga beras di sejumlah negara produsen beras di dunia, seperti Thailand, Vietnam, dan India.

Dibanding Negara Tetangga, Harga Beras Di Indonesia Lebih Mahal

Rata-rata harga beras medium di Indonesia saat ini diketahui mencapai Rp 12 ribu per kg. Bandingkan dengan harga di sejumlah negara produsen di dunia berkisar Rp 6.000-7.000 per kg.

Hal tersebut ditengarai terjadi karena tidak efisiennya sistem produksi, rantai distribusi, serta proses penggilingan padi di Tanah Air.

Bustanul Arifin selaku Ketua Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (Perhepi) mengungkapkan bahwa harga beras di Indonesia tergolong yang termahal di dunia. Hal itulah yang kemudian membuat negara-negara produsen beras ramai-ramai ingin memasukkan berasnya ke Indonesia.

“Beras Indonesia itu termahal meskipun produksi gabah cukup tinggi. Kenapa mahal? Itu karena ketidakefisienan produksi, tata niaga, dan proses penggilingan. Saat ini, harga beras medium di dalam negeri Rp 12 ribu per kg, memang turun tapi masih Rp 9-11 ribu per kg, di pasar internasional jauh di bawah itu,” kata Bustanul ketika dikonfirmasi Investor Daily di Jakarta, Selasa (23/2.2016). (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Pecat Ratusan Karyawannya, Perusahaan Milik Hary Tanoe Belum Pastikan Pembayaran Pesangon

Pecat Ratusan Karyawannya, Perusahaan Milik Hary Tanoe Belum Pastikan Pembayaran Pesangon

Jakarta – PT Media Nusantara Informasi (MNI) hingga kini belum bisa memastikan soal pembayaran pesangon ...