Home > Ragam Berita > Nasional > Ahok Pertanyakan Sikap Komnas HAM Terkait Anak-anak di Kalijodo

Ahok Pertanyakan Sikap Komnas HAM Terkait Anak-anak di Kalijodo

Jakarta – Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), telah menerima surat dari Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) yang isinya berkaitan dengan perlindungan terhadap anak-anak dari kawasan Kalijodo yang saat ini ikut pindah bersama orangtuanya ke Rusun Marunda. Ahok pun menanggapi surat tersebut dengan sebuah pertanyaan yang cukup “menohok”.
Ahok Pertanyakan Sikap Komnas HAM Terkait Anak-anak di Kalijodo
“Waktu mereka tinggal di Kalijodo kok kamu (Komnas HAM) enggak pernah ngomong memperhatikan hidup mereka (anak-anak)?” tutur Ahok kepada pers di Balai Kota, Jakarta, Kamis (25/2/2016) malam.

Dalam sura tersebut, Ahok diminta untuk benar-benar memperhatikan kesejahteraan hidup anak-anak Kalijodo di lingkungan tempat tinggal baru mereka saat ini. Ahok pun menegaskan bahwa pihaknya telah berusaha semaksimal mungkin untuk menjamin kehidupan anak-anak tersebut, dan menjauhkan mereka dari atmosfer kehidupan prostitusi di Kalijodo.

“Saya tanya lebih sehat mana, anak-anak hidup di lingkungan prostitusi, atau di lingkungan rusun yang ada tempat bermain macam-macam?” ujar Ahok.

Ahok menjelaskan bahwa lingkungan Kalijodo yang dipenuhi dengan hingar bingar kehidupan malam plus dentuman musik yang bergema di sepanjang malam jelas tidak kondusif sebagai tempat tumbuh kembang anak.

Oleh karena itu, Ahok menilai bahwa desakan Komnas HAM untuk perlindungan anak yang baru-baru ini ia terima itu terdengar konyol, karena baru keluar saat anak-anak sudah keluar dari Kalijodo.

“Musiknya dang ding dung sampai ke jalan tol. Terus bagaimana anak-anak mau belajar? Itu alasannya enggak masuk akal. Saya kira anak-anak lebih enggak bisa belajar kalau tinggal di Kalijodo. Kok sekarang jadi jual anak-anak begitu loh? Justru saya menyelamatkan anak-anak memindahkan dia keluar. Kita kasih KJP (Kartu Jakarta Pintar) lagi,” pungkas Ahok. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Dajarot Minta Lurah dan Camat Awasi Kinerja PPSU

Dajarot Minta Lurah dan Camat Awasi Kinerja PPSU

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat akan mengevaluasi para petugas penanganan prasarana dan ...