Home > Ragam Berita > Nasional > Cegah Narkoba, Buwas Bentuk Pasukan Anjing K-9

Cegah Narkoba, Buwas Bentuk Pasukan Anjing K-9

Surabaya – Kepala BNN, Komjen Budi Waseso (Buwas), benar-benar serius untuk menghancurkan gembong-gembong narkoba yang masih berkeliaran dan beroperasi di seluruh wilayah Indonesia. Langkah terbaru untuk mendukung tekad itu adalah pembentukan pasukan anjing K-9.
Cegah Narkoba, Buwas Bentuk Pasukan Anjing K-9
Pada Sabtu (27/2/2016), Buwas bahkan sampai berkunjung ke Surabaya untuk melihat sendiri proses “rekrutmen” pasukan anjing K-9 tersebut. Anjing-anjing pintar dan terlatih ini memang cukup akurat mengendus keberadaan narkoba di lokasi penggerebekan dan sejenisnya.

Buwas pun tampak demikian antusias ketika berdiskusi dengan Sugiharto Tandjung, pemilik penangkaran anjing terlatih di Jalan Sumatra Nomor 86. Tak hanya berkonsultasi tentang kemampuan si anjing, Buwas juga banyak bertanya tentang bagaimana merawat mereka.

Jika penataannya sudah fix, maka seluruh jajaran BNN se-Indonesia akan memiliki unit K-9 sendiri. Jumlahnya tentu menyesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.

Ketika berbicara dengan Sugiharto, Buwas sempat berseloroh tentang cara simpel menakut-nakuti gembong narkoba.

”Taruh aja seratus anjing di tempat hiburan malam, pasti yang bawa narkoba ketakutan mau keluar,” ujar perwira tinggi polisi asal Kabupaten Pati, Jawa tengah, itu.

Untuk anggaran, Buwas memang belum tahu betul berapa yang akan dikucurkan oleh pemerintah. Namun demikian, ia sudah mengantisipasi hal itu dengan memilih anjing lokal yang relatif lebih murah, namun memiliki kemampuan yang tidak kalah.

”Harganya juga relatif lebih murah,” tandasnya. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Yusril Berharap Hakim Batalkan Beberapa Pasal Dalam Perppu Ormas

Yusril Berharap Hakim Batalkan Beberapa Pasal Dalam Perppu Ormas

Jakarta – Kuasa hukum Hizbut Tahrir Indonesia Yusril Ihza Mahendra, akan membagi gugatan menjadi dua ...