Home > Ragam Berita > Internasional > Felipe Calderon : “Trump Mengeksploitasi Ketakutan Sosial seperti Hitler”

Felipe Calderon : “Trump Mengeksploitasi Ketakutan Sosial seperti Hitler”

Mexico City – Mantan Presiden Meksiko, Felipe Calderon, memberikan komentar cukup pedas terhadap calon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Calderon menilai bahwa sikap dan langkah politik Trump bakal menyerupai Adolf Hitler, pemimpin Jerman Nazi yang menyebarkan terornya di Perang Dunia II.
Trump Mengeksploitasi Ketakutan Sosial seperti Hitler
Selain menyebut Trump mirip dengan Hitler, Calderon juga menilai bahwa Trump memiliki pandangan rasis yang cukup tinggi. Ia pun memperingatkan publik AS bahwa kebangkitan Trump di pertarungan politik Negeri Paman Sam bakal menumbuhkan sikap anti-Amerika yang lebih luas lagi di seluruh dunia.

“Retorika anti migran Trump tidak ditujukan untuk semua imigran, melainkan kepada (hanya) migran yang memiliki kulit yang berbeda dengan dia dan itu jelas-jelas rasialis,” terang Calderon.

“Trump tengah mengeksploitasi ketakutan sosial seperti dilakukan Hitler di zamannya,” lanjutnya.

Adapun Meksiko sendiri merupakan mitra dagang ketiga paling penting dari AS, setelah Kanada dan Tiongkok. Namun demikian, Trump sempat melontrakan pernyataan yang cukup membuat warga Meksiko geram.

Dalam salah satu kampanyenya, Raja Casino itu sempat mengatakan bahwa Meksiko tak hanya mengeskpor bahan pangan dan komoditas lainnya, melainkan juga para pembunuh, pengedar narkoba, pemerkosa, dan anggota geng yang membahayakan warga AS. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Jepang Tolak Kehadiran Taksi Uber

Jepang Tolak Kehadiran Taksi Uber

Tokyo – Maraknya kendaraan berbasis online ternyata tidak dibiarkan begitu saja di negara-negara tertentu. Seperti ...