Home > Ragam Berita > Nasional > Wali Kota Risma Tuding El Nino sebagai Biang Banjir di Surabaya

Wali Kota Risma Tuding El Nino sebagai Biang Banjir di Surabaya

Surabaya – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengungkapkan berbagai alasan tentang musibah banjir pada pekan lalu. Menurut dia, itun adalah dampak fenomena alam. Selain itu, banjir disebabkan curah hujan cukup tinggi pada tahun ini.

Wali Kota Risma Tuding El Nino sebagai Biang Banjir di Surabaya

”Debit airnya tinggi. Nah, fenomena alamnya juga berubah-ubah,” katanya Risma kepada wartawan di Balai Kota Surabaya pada Rabu (2/3/2016).

Selain itu, fenomena tersebut mengakibatkan seluruh prediksi dan antisipasi meleset. ”Dulu curah air sekian, lalu hujannya sekian, salurannya sekian. Sekarang tidak bisa dipresiksi. Ada faktor El Nino, La Nina, ada itu, dan sebagainya,” katanya.

Kini Risma sedang mencari solusi agar bisa mengatasi banjir. Tujuannya, Surabaya dapat survive dalam berbagai kondisi alam. Misalnya, membikin saluran air baru.

Menurut dia, tahun depan, curah hujan mungkin besar tidak setinggi pada 2016. ”Jadi, saat itu, kita sudah siap karena melakukan pencegahan sejak dini,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya telah bertemu sejumlah developer di Surabaya Barat. Mereka diberi arahan untuk mencegah banjir di wilayahnya. ”Sudah saya kasih masukan. Mereka sanggup melaksanakannya,” katanya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

One comment

  1. Aksi Cepat Tanggap

    Jarang jarang Suarabaya banjir besar seperti kemarin, kalo memang fenomena alam, atapi juga aharu ada tindakan evaluasi untuk pencegahan banjir

    Salam tanggap bencana – Aksi Cepat Tanggap

x

Check Also

Jonru Ikut Komentari Insiden Bendera Merah Putih Terbalik

Jonru Ikut Komentari Insiden Bendera Merah Putih Terbalik

Jakarta – Sebuah buku bertajuk souvenir spesial yang dibagikan dalam acara pembukaan SEA Games 2017 ...