Home > Ragam Berita > Nasional > Berikut Penyebab Gempa Mentawai Versi BNPB

Berikut Penyebab Gempa Mentawai Versi BNPB

Mentawai – Gempa berkekuatan dahsyat kembali mengguncang Indonesia dan kali ini lagi-lagi terjadi di Mentawai, Sumatera Barat. Gempa berkekuatan 7,8 Skala Ritcher itu memang mampu membuat panik warga sekitar untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman agar waspada jika terjadi tsunami sewaktu-waktu.

Berikut Penyebab Gempa Mentawai Versi BNPB

Gempa yang terjadi di Mentawai ini merupakan akibat daru adamnya pergeseran lempeng. Seperti saat berbicara dengan wartawan, Rabu (2/3/2016), Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, menyatakan dalam pernyataan tertulisnya bahwa sumper gempa dari sistem patahan Investugator Fractire Zonr (IFZ) yang terjadi di Samudera Hindia sehingga berakibat pergeseran lempeng secara mendasar, sehingga hal ini pula takkan membangkitkan tsunami besar, berupa sistem sesar transfor.

Sutopo menuturkan bahwa gempa ini mirip dengan gempa yang terjadi di barat daya Simeulue pada tanggal 11 April 2012 dan goncangan dapat dirasakan di Padang III MMI (lemah). Selain itu, Sutopo menambahkan bahwa sejauh ini laporan yang bisa diberikan adalah aman.

Sutopo emnyatakan bahwa sudah dilaporkab bahwa kondisi di daratan Sumatra masih aman dan saat ini pihaknya masih komunikasi dengan BPBD Mentawai. Sutopo menambahkan bahwa sejauh ini belum diterima adanya laporan korban jiwa akibat gempa ini. (Rini Masriyah – Harianindo.com)

x

Check Also

Diminta Lewat JalurAlternatif Puncak, Mobil Anies Tetap Menerobos Arus One Way

Diminta Lewat Jalur Alternatif Puncak, Mobil Anies Tetap Menerobos Arus One Way

Jakarta – Rombongan mobil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tetap menerobos arus one way usai ...