Home > Ragam Berita > Nasional > JK Ajak Ahok dan Kepala Daerah Lainnya Melihat Bank Sampah di Makassar

JK Ajak Ahok dan Kepala Daerah Lainnya Melihat Bank Sampah di Makassar

Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri peluncuran bank sampah di Makassar. Dalam kunjungan tersebut, pihaknya mengajak 12 menteri kabinet kerjanya beserta Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) serta 22 wali kota se-Indonesia.

JK Ajak Ahok dan Kepala Daerah Lainnya Melihat Bank Sampah di Makassar

“Insya Allah, launching Integrasi Bank Sampah ke UKM dan Kantong Sampah Berbayar bakal semarak. Sebab, banyaknya pejabat negara yang bakal datang,” kata Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto di Makassar pada Rabu (02/03/2016).

Pada peluncuran yang rencananya diadakan Jumat (5/3/2016) di Celebes Convention Centre, Makassar, tersebut, JK menyerahkan kartu lzin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) kepada delapan pengusaha sampah. Penyerahan tersebut dilakukan secara simbolis.

Hingga kini, ada 205 bank sampah yang mengantongi IUMK camat. Pemilik izin mungkin besar menjalankan usaha jual beli sampah. Mereka bakal memperoleh fasilitas KUR (kredit usaha rakyat). Yakni, dari bank berpelat merah. Nominal terendahnya adalah Rp 5 juta hingga Rp 25 juta.

Sementara itu, Direktur Yayasan Peduli Negeri (YPN) Saharuddin Ridwan menjelaskan bahwa Makassar adalah satu-satunya kota di Indonesia yang mempunyai regulasi. Yakni, mengatur harga sampah dengan memisahkan berdasar jenis. Yakni, sampah plastik, kertas, logam, dan botol (kaca). (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Panglima TNI Gatot Dinilai Cocok Sebagai Cawapres Jokowi

Panglima TNI Gatot Dinilai Cocok Sebagai Cawapres Jokowi

Jakarta – Pilpres 2019 memang masih lama, namun beragam dukungan sudah mulai bermunculan untuk Presiden ...