Home > Ragam Berita > Internasional > Komisi HAM Independen Beber Tes Keperawanan Yang Disaksikan Petugas Pria

Komisi HAM Independen Beber Tes Keperawanan Yang Disaksikan Petugas Pria

Kabul – Adanya tes keperawanan yang diterima oleh beberapa wanita di Afghanistan tampaknya memicu kecaman banyak pihak. Hal yng lebih membuat aneh adalah adanya petugas pria yang ikut menyaksikan tes keperawaan tersebut.

Komisi HAM Independen Beber Tes Keperawanan Yang Disaksikan Petugas Pria

Tes tersebut ditujukan kepada para wanita ataupun anak perempuan yang dituduh melakukan hubungan seksual di luar nikah dan diperintahkan oleh pengadilan setempat untuk tes keperawanan. Hasil dari tes inilah yang akan dipakai untuk dijadikan bukti di persidangan terdakwa di pengadilan.

Seperti yang dilansir Reuters, Selasa (1/3/2016), masalah ii sudah disampaikan kepada komusu HAM Independen (IHRC) Afganistan. IHRC menilai tes keperawanan ini sudah melangar Hak Asasi Manusia (HAM).

IHRC memebrikan gambaran terkait hasil penelitian tahun lalu dimana ada 53 wanita dan seorang gadis diwawancarai, dan sebanyak 48 orang mengaku sudah dipaksa untuk patuh dengan uji ginekologi wajib sesaat setelah dituduh berzina ataupun melarikan diri dari rumah.

Komisi HAM itu menyatakan bahwa sebab tes ginekologi itu dilakukan tanpa adanya persetujuan dari korban, maka hal ini dianggap sebaagi bentuk pelecehan seksual dan pelanggaran HAM. Sleain itu, salah satu peneliti senior dari HMW, Heather Barr, menambahkan bahwa ujian keperawanan ini sudah merendahkan kaum wanita. (Rini Masriyah – Harianindo.com)

x

Check Also

Usai Bertemu Putin di Jerman, Donald Trump Hentikan Program Rahasia CIA di Suriah

Usai Bertemu Putin di Jerman, Donald Trump Hentikan Program Rahasia CIA di Suriah

Jakarta – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, kabarnya telah menghentikan program rahasia Badan Intelijen Pusat ...