Home > Ragam Berita > Nasional > Ahok Ingin DKI Punya Bus TransJakarta Khusus Wanita

Ahok Ingin DKI Punya Bus TransJakarta Khusus Wanita

Jakarta – Wacana bus Transjakarta terus bergulir. Mulai bus bobrok hingga khusus perempuan. Nah, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengusulkan bus khusus perempuan tersebut. Tujuannya, mengurangi pelecehan seksual di angkutan umum.

Ahok Ingin DKI Punya Bus TransJakarta Khusus Wanita

Sebelum wacana tersebut muncul, Ahok telah disarankan untuk merencanakan bus khusus perempuan. Sebab, dia kerap melihat perempuan tidak menumpang Transjakarta jika penuh karena dikhawatirkan terjadi pecelehan seksual.

”Mereka selalu minta bus khusus. Sebab, banyak pelecehan. Takutnya sudah dibuat, malah perempuan juga enggak mau naik. Kalau mau cepat, dia naik juga campur bus yang biasa,” katanya kepada wartawan pada Kamis (3/3/2016).

Selain itu, Ahok menjelaskan, bus Transjakarta memiliki bangku menghadap depan. Menurut dia, pelecehan seksual bisa ditekan dengan letak bangku tersebut.

Jika kondisi itu tetap terjadi, kapasitas penumpang lebih sedikit yang terangkut. Namun, pihaknya tidak bermasalah bila harus membayar biaya PSO lebih mahal karena berkurangnya kapasitas penumpang. ”Kami bayar dia kan menurut rupiah per kilometer,” ujarnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Bertemu CEO Buka Lapak, Sandiaga Uno Lemparkan Pujian

Bertemu CEO Buka Lapak, Sandiaga Uno Lemparkan Pujian

Jakarta – Achmad Zaky selaku CEO Bukalapak menyebut jika wakil gubernur terpilih DKI Sandiaga Uno ...