Home > Ragam Berita > Nasional > Tokoh JIL Sindir Tifatul Sembiring Tentang Ilmu Hadis

Tokoh JIL Sindir Tifatul Sembiring Tentang Ilmu Hadis

Jakarta – Aktivis Jaringan Islam Liberal (JIL) Akhmad Sahal mengomentari pernyataan presiden PKS Tifatul Sembiring yang meremehkan pemahamannya soal hadis. Dalam kultwit yang ia sampaikan lebih dari 70 kicauan, Akhmad Sahal menjelaskan tentang hadis sahih beserta latar belakangnya.

Tokoh JIL Sindir Tifatul Sembiring Tentang Ilmu Hadis

“Pak @tifsembiring, saya ngaji hadis dan belajar mustholah hadis sejak di madrasah di Jepara, di Pesantren Mranggen dan Ploso,” kicaunya, Jumat. “Saya di Pesantren Ploso pernah ngaji posonan Sahih Muslim selama sebulan, dari A-Z. Kalo Pak @tifsembiring belajar hadis di mana?”

Ia menanyakan hal tersebut karena pehamanan hadist yang dimiliki oleh Tifatul Sembiring.

“Jadi, hadis sahih adalah hadis yang meyakinkan atau sangat meyakinkan dari Nabi. Hasan= lumayan meyakinkan. Dhaif= kurang meyakinkan,” katanya menjelaskan.

Pertikaian yang terjadi atnara Akhmad Sahal dan Tifatul Sembiring bermula dari cicitan tentang hadis LGBT. Tifatul Sembiring mengunggah hadis yang tentang hukum bunuh kaum nabi Luth.

Dalam twit terakhirnya, Tifatul Sembiring mempertanyakan kritik yang disampaikan oleh Akhmad Sahal terkait hadis tersebut.

Namun, menurut Akhmad Sahal, ulama yang alim justru tidak akan gegabah memakai hanya satu atau dua hadist untuk berhukum. Karena untuk bisa menggali hukum dari hadist, syarat keilmuannya sangatlah berat.

“Kalau mengutip hadis untuk hal-hal yang jelas dalam Islam, ibadah, kebaikan, oke aja. Tapi kalo soal hukum, apalagi hukuman mati, kita jangan sok tau,” ujarnya menjelaskan. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Anang Sugiana Dimintai Keterangan KPK Terkait Korupsi E-KTP

Anang Sugiana Dimintai Keterangan KPK Terkait Korupsi E-KTP

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil beberapa saksi untuk pengusaha Andi Agustinus alias Andi ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis