Home > Ragam Berita > Nasional > Mengintip Persiapan Makassar Menyambut Gerhana Matahari 9 Maret

Mengintip Persiapan Makassar Menyambut Gerhana Matahari 9 Maret

Makassar – Gerhana matahari akan melanda beberapa wilayah di Indonesia pada tanggal 9 Maret 2016 mendatang. Oleh karena itu, sebagian besar daerah pun juga tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi kejadian yang langka itu, salah satunya adlah Makassar, Sulawesi.

Mengintip Persiapan Makassar Menyambut Gerhana Matahari 9 Maret

Seperti saat berbicara dengan wartawan, Jumat (4/3/2016), Walikota Makassar M. Ramdhan Pomanto mengatakan bahwa pada saat terjadinya gerhana matahari warga bisa untuk melakuakn sholat sunah gerhana sewaktu kejadian itu terjadi di Makassar.

Ramdhan menambahkan bahwa bagi yang berkeinginan untuk shalat berjamaan bisa langsung datang ke anjungan Pantai Losari dengan memakai pakaian berwarna putih. Selain sholat berjamaah, pihak Pemerintah Kota Makassar juga tengah menyiapkan Festival Gerhana Matahari 2016 yang rencananya akan melibatkan 10ribu pelajar.

Festival ini nantinya akan terdiri dari tiga unsur yakni religi, sains, dan budaya. Pada realitanya, kegiatan itu nanti akan berisi pemutaran video gerhana matahari dan juga penjelasan pihal dari BMKG. Selain itu, akan ada juga momen menyanyikan lagu Battu Ratgtema’ ri Bulang secara serentak.

Gerhana matahari itu menurut rencana akan terjadi di Makassar pada pukul 08:35:55 Waktu Indonesia Tengah, namun mulai meyentuh piringan adalah pukul 07:26:30 WITA. (Rini Masriyah – Harianindo.com)

x

Check Also

Sandi Tegaskan Bakal Olah Sampah di Sunter sebagai Pembangkit Listrik

Sandi Tegaskan Bakal Olah Sampah di Sunter sebagai Pembangkit Listrik

Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membangun pembangkit listrik bertenaga sampah di Sunter, ...