Home > Ragam Berita > Nasional > Yusril dan HNW Jadi Penantang Kuat Ahok

Yusril dan HNW Jadi Penantang Kuat Ahok

Jakarta – Pilgub DKI 2017 memang menghadirkan cerita tersendiri. Banyak prediksi dan spekulasi yang beredar. Misalnya, Pengamat Politik Lembaga Survei Kedai KOPI Hendri Satrio.

Yusril dan HNW Jadi Penantang Kuat Ahok

Dia menjelaskan, Yusril Izha Mahendra dan Hidayat Nur Wahid (HNW) menjadi penantang terkuat petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) jika turun dalam Pilgub DKI Jakarta 2017.

”Yusril dan HNW punya elektabiltas yang tinggi dengan catatan Ridwan Kamil dan Tri Risma Harini tidak maju. Kalau HNW kan belum deklarasi. Sebab, PKS mungkin besar usung kader mudanya, Muhammad Idrus,” katanya kepada media pada Sabtu (5/3/2016).

Seperti yang diketahui, partai politik di DKI Jakarta minimal harus diusung dengan 21 kursi parpol di DPRD untuk mencalonkan pasangan. Nah, yang bisa mengusung penuh hanya PDIP. Sisanya harus melalui melalui gabungan partai politik.

”Kalau lebih dari dua pasangan calon, Ahok akan lebih mudah melenggang. Kalau head to head, kejutan bisa terjadi (Ahok tumbang). Jika lebih dari dua pasang, lawan akan terpecah suaranya, bukan suara Ahoknya yang terpecah,” jelasnya.

Berdasar hasil survei, Ahok hngga kini mendapat elektabilitas yang tidak terlalu tinggi sebagai incumbent. Menurut Survei Kedai KOPI, Ahok memiliki tingkat keterpilihan 42,3 persen, sedangkan CSIS 43 persen. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Gerindra Keluar dari Pansus Angket, Wakil Ketua DPR Layangkan Sindiran

Gerindra Keluar dari Pansus Angket, Wakil Ketua DPR Layangkan Sindiran

Jakarta – Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, menyindir langkah Gerindra yang keluar dari keanggotaan Pansus ...