Home > Ragam Berita > Nasional > Menteri di Jaman SBY Disebut Pernah Adu Fisik Namun Publik Tak Mengetahuinya

Menteri di Jaman SBY Disebut Pernah Adu Fisik Namun Publik Tak Mengetahuinya

Jakarta – Mantan Deputi Sekretaris Wakil Presiden Bidang Politik, Djohermansyah Johan, mengungkapkan bahwa konflik di antara anggota kabinet tidak hanya muncul di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Johan mengatakan bahwa dalam masa pemerintahan Presideh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), perseteruan antar menteri juga pernah terjadi, yang bahkan sampai berujung pada adu fisik.
Menteri di Jaman SBY Disebut Pernah Adu Fisik Namun Publik Tak Mengetahuinya
“Sesama menteri sering terjadi perbedaan pendapat, bahkan sampai kontak fisik. Saya menyaksikan dengan mata kepala sendiri,” ungkap Johan ketika dirinya menghadiri acara diskusi Perspektif Indonesia di Menteng, Jakarta, Sabtu (5/3/2016).

Johan meneruskan bahwa kejadian adu fisik itu berlangsung tak lama sebelum SBY memimpin rapat kabinetnya. Dua pihak yang berseteru tersebut saling bertemu, berdebat, dan kemudian terpicu emosi masing-masing dan terjadilah aksi baku hantam tersebut. Pertengkaran tersebut berakhir ketika seorang menteri koordinator datang melerai keduanya.

Meski sempat menghebohkan pihak Istana Negara, hanya orang-orang di lingkaran dalam Presiden saja yang mengetahui kejadian tersebut. Adu jotos itu tidak sampai ke telinga media sehingga sama sekali tidak ada pemberitaan tentang itu.

“Konflik karena beda pendapat itu wajar sebenarnya, tetapi dulu berbeda dengan sekarang, konflik tidak terbuka dan tidak sampai ke publik,” lanjut Johan.

Konflik tersebut kemudian segera diselesaikan sehingga tidak berbuntut panjang dan mengganggu jalannya pemerintahan.

Adapun, Johan juga menyampaikan bahwa seharusnya, pergesekan dan perseteruan di internal kabinet memang sebaiknya tidak sampai “bocor” ke ranah publik. Masalah itu harus bisa diselesaikan secara internal agar tidak menimbulkan “kegaduhan” di tengah masyarakat.

“Publik harus tetap melihat bahwa pemerintah itu solid,” tandasnya lagi. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Anies Tegaskan KJP Plus Jadi Program yang Diharapkan Warga Jakarta

Anies Tegaskan KJP Plus Jadi Program yang Diharapkan Warga Jakarta

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengharapkan program Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus masuk ...