Home > Ragam Berita > Nasional > Ahok Dinilai Telah Membunuh Aspek Budaya Betawi

Ahok Dinilai Telah Membunuh Aspek Budaya Betawi

Jakarta – Sejarawan JJ Rizal menilai jika Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) lebih sering membuat kebijakan yang tidak berpihak kepada budaya warga Betawi.

Ahok Dinilai Telah Membunuh Aspek Budaya Betawi

“Gubernur yang sekarang lebih sibuk membunuh aspek budaya Betawi. Dibunuhnya secara sistematis, terstruktur, dan masif, misalnya saja soal kebudayaan warga Betawi yang tinggal di pesisir,” ujar Rizal dalam sebuah diskusi di Tebet (Minggu, 6/2/2016).

Rizal mengacu kepada kebijakan reklamasi di pesisir pantau yang rencananya akan dilakukan oleh Pemprov DKI. Menurutnya, hal tersebut menunjukka jika hok melupakan nasib warga Betawi pesisir. Hal tersebut juga menunjukan ketidaktahuan Ahok akan masyarakat Betawi.

Rizal menambahkan, sebenarnya tidak perlu muncul gubernur yang memiliki latar belakang etnis Betawi untuk melestarikan kebudayaan itu. Siapa pun dan dari manapun gubernurnya, mampu melakukan hal tersebut asalkan memang memiliki kepedulian.

Dirinya mengacu kepada mantan Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin yang dia anggap paling berjasa melestarikan kebudayaan Betawi. Menurut dia, Ali Sadikin lah yang menemukan bahwa warga asli Jakarta berasal dari etnis Betawi.

“Tahun 1970-an, kita bisa mendapati bahwa kesenian Betawi bisa manggung di TIM. Dulu enggak ada organisasi yang pakai nama Betawi, kini ada,” ujar Rizal. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Bawa Bendera Save Palestina, Ibu-ibu Penolak Ahok Larang Pewarta Mengambil Foto

Bawa Bendera Save Palestina, Ibu-ibu Penolak Ahok Larang Pewarta Mengambil Foto

Jakarta – Sekelompok massa kontra Ahok terpaksa haraus berjalan memutar ke titik kumpul, bagian selatan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis