Home > Teknologi > Sains > Ingin Lihat Gerhana Matahari 9 Maret ? Siapkan Kacamata ND5

Ingin Lihat Gerhana Matahari 9 Maret ? Siapkan Kacamata ND5

Karangkates – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Karangkates, Jawa Timur, meminta agar memakai kacamata saat gerhana matahari total (GMT) tersjadi pada 9 Maret 2016.

Ingin Lihat Gerhana Matahari 9 Maret ? Siapkan Kacamata ND5

Menurut Kepala Geofisika BMKG Karangkates Musripan, masyarakat diminta tidak menatap langsung ke atas saat GMT. ”Itu bisa membuat retina mata rusak,” ujarnya kepada media pada Senin (7/3/2016).

Nah, warga yang ingin menyaksikan GMT memerlukan kacamata khusus. Bukan sekedar kacamata hitam untuk sekedar bergaya. Kemampuan lensa kacamata khusus itu minimal menyerap atau meredam cahaya Matahari hingga 1:100 ribu kali.

Misalnya, filter ND5. Materil tersebut bisa disubstitusi dengan material lain yang kemampuannya setara.

Menurut Musripan, di wilayah Jawa Timur, masyarakat bisa menonton gerhana Matahari sebagian, tidak sampai total. Sebab, GMT berada di sekitar wilayah 0 derajat/equator atau 0-5 derajat Lintang Utara/Lintang Selatan. Sebagaimana diketahui Pulau Jawa terletak di wilayah 6-8 derajat Lintang Selatan.

Waktu lintasan GMT kali ini diperkirakan terjadi pukul 06.21 dan puncak gerhana (bulan mulai menutupi Matahari) diprediksi pukul 07.21.

Sementara itu, GMT diperkirakan terjadi pada Rabu pagi (9/3/2016). Gerhana itu bakal melewati 11 provinsi di Indonesia. Yakni, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Sinar Kosmik Jadi Masalah Utama Dalam Perjalanan ke Mars

Sinar Kosmik Jadi Masalah Utama Dalam Perjalanan ke Mars

Jakarta – Melakukan perjalan ke luar angkasa mungkin bukan sesuatu yang mudah dilakukan. Tak hanya ...